Kemiskinan di Kabupaten Probolinggo Turun, Benarkah?

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Bupati Probolinggo, P Tantriana Sari, mendatangi Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, Jumat (7/12/2018. Kedatangan Bupati cantik itu untuk mengecek angka kemiskinan di daerahnya, yang dilaporkan turun sebesar 1%.

Pantauan PANTURA7.com, Bupati Tantri datang ke kantor BPS Kabupaten Probolinggo di Jalan KH Hasan Genggong, Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, sekitar pukul 9 30 WIB. Tantri tak sendiri, ia bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo.

Kepada pihak BPS, Tantri meminta kejelasan atas informasi turunnya angka kemiskinan sebesar 1%. Pasalnya jika merujuk data tahun 2017, angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo terbilang tinggi di Jawa Timur hingga 20,52 %. Bahkan pada 2016, angka kemiskinan mencapai 20,98%.

“Kami mendapat informasi dari BPS kalau angka kemiskinan turun, sehingga kami konfirmasi dan ternyata benar. Ini menggembirakan karena sesuai target kami, pada 2019 angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo harus dibawah 20 persen,” ucap Tantri.

Namun ditanya angka kepastian dan indikator pencapaian, Tantri menyarankan agar bertanya kepada BPS. Pasalnya, ia menilai bahwa BPS lebih berwenang soal hal itu. “Bisa ditanyakan ke BPS detilnya, lagi pula ini kan belum dirilis dari pusat,” tandas Istri Hasan Aminuddin ini.

Sementara itu, Kepala BPS Djudjuk Widhilaksana membenarkan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo turun sebesar 1%. Namun demikian, ia masih menunggu data resmi dari BPS pusat sebelum dirilis ke media.

“Yang pasti turun, namun detil angkanya menunggu data dari pusat karena belum ada rilis. Nanti kita informasikan lebih lanjut,” janji Djujuk kepada wartawan.

Ia menambahkan, turunnya angka kemiskinan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah maksimalnya program padat karya sehingga kesejahteraan warga meningkat. “Padat karya mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya yang ada di desa,” tandas dia. (*)

Baca Juga  PDAM Lumajang Pecat 2 Karyawannya, Cak Thoriq: Itu Langkah Terbaik

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Pemkab Lumajang Susun Rehabilitasi dan Rekontruksi Pembangunan Pasca Bencana

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, terus berupaya mempercepat pemulihan pasca bencana banjir yang melanda sejumlah …