Tiga Kandang Ayam di Kraksaan Ludes Terbakar

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tiga kandang ayam di Desa Asembagus, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, hangus dilalap si jago merah, Sabtu (27/10/2018) pagi. Tidak ada korban dalam kejadian ini, sedangkan kerugian ditaksir sekitar Rp. 750 juta.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, kandang dengan panjang 125 meter dan lebar 12 tersebut milik Koming, warga Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Kraksaan. Api terlihat melalap kandang pukul 5.00 WIB.

Penjaga kandang, Darlis menyebut bahwa sumber api dipicu oleh terbakarnya penghangat ayam (Kanofi), pasca tersambar gas yang keluar dari tabung elpigi bocor. Setelahnya, api terus membara meludeskan tiga dari 5 kandang ayam.

“Kanofinya dihidupkan karena sekitar pukul 21.00 WIB semalam (Jum’at malam, red), ada 12.000 bibit ayam yang datang. Bibit itu untuk satu kandang, sedangkan 4 kandang yang lain belum terisi,” ucap Darlis.

Darlis melanjutkan, besarnya api tak terbendung karena hembusan angin di pagi buta sangat kencang. Kobaran api pada kandang dijajar empat itu, akhirnya merambat ke kandang nomer 4 dan kandang nomer 5 yang berada di sebelah utara tiitk api.

“Jadi total ada 3 kandang yang hangus tak tersisa. Tapi kandang yang nomer empat dan lima tidak ada ayamnya. Rencananya baru besok malam akan diisi,” imbuh pria dengan 2 anak ini.

Api kemudian padam setelah seluruh bangunan kandang rata dengan tanah. Selain itu, Darlis bersama sejumlah warga memadamkan api meski dengan alat seadanya. Sedangkan tim pemadam kebakaran (Damkar) datang satu jam setelah kejadian.

“Mobil pemadam datang setelah api padam. Alhamdulillah tidak ada korban mas, untuk kerugian saya taksir sekitar Rp. 750 juta,” pungkasnya. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

 

Baca Juga  Bromo Kembali Semburkan Abu Vulkanik, Bukit Penanjakan Terpapar

Baca Juga

Gunung Semeru Kian Rutin Erupsi, Warga Diminta Selalu Waspada

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, kembali erupsi dengan letusan abu vulkanik setinggi …