(Hoax) Pesawat Latih TNI Jatuh di Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Warga Kabupaten Probolinggo heboh oleh informasi adanya pesawat latih milik TNI-AU yang jatuh di area persawahan, Selasa (21/8/2018) siang. Infomasi itu mencuat melalui media sosial (Sosmed) facebook (FB) dan grup WhatsApp (WA).

Seorang netizen dengan nama akun FB, Fatimah Bin Agil, memposting sebuah foto pesawat yang jatuh di persawahan warga di grup Info KRIMINAL & LALU LINTAS (Nusantara). Dalam postingan itu, ia menyertakan ‘caption’ bahwa lokasi jatuhnya pesawat di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Sontak postingan ini memdapatkan ragam respon dari netizen lain, bahkan di-ikuti oleh postingan serupa di grup FB lainnya. Postingan pesawat jatuh via FB ini, rupanya juga menular ke grup WA dengan informasi serupa.

Dalam informasi itu, disebutkan bahwa lokasi jatuhnya pesawat berada di wilayah Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan. Namun  beberapa menit kemudian, kembali muncul informasi yang mengatakan bahwa lokasi pesawat jatuh terletak di daerah Kecamatan Paiton dan Kecamatan Maron.

Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad saat dikonfirmasi PANTURA7.com mengatakan, bahwa informasi tersebut hoax alias tidak benar. Kepastian ini, kata Kapolres, setelah pihaknya menelusuri kebenaran informasi itu.

“Gak ada pesawat jatuh, informasi itu hoaks. Saya harap masyarakat tidak sembarangan membuat dan menyampaikan informasi yang tidak akurat,” kata Fadly via sambungan seluler. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

 

Baca Juga  Banjir Kembali Terjang Dringu, 7 Rumah Rusak

Baca Juga

Pemkab Akan Bersihkan Material Lahar Semeru

Lumajang, – Gunung Semeru telah meluncurkan Awan Panas Guguran (APG), Minggu (4/12/2022). Gunung tertinggi di …