Polisi dan Ormas Sepakat Hentikan Penyelidikan Siswa TK Bercadar

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Polemik pawai TK bercadar yang ramai diperbincangkan selama tiga hari terakhir dianggap sudah ‘klir’. Polisi tidak akan melanjutkan penyelidikan kejadian itu karena pihak-pihak yang terlibat, termasuk pengunggah video awal, tidak memenuhi unsur pidana.

“Sudah kami akhiri, kami juga berdiskusi dengan Polda Jatim dan hasilnya sepakat untuk tidak menyelidiki pengunggah video apalagi menangkap,” ujar Kapolresta Alfian, Selasa (21/8/2018).

Keputusan untuk tidak melanjutkan kasus itu, jelas Alfian, telah ia diskusikan dengan Forkompimda setempat dan tiga Organisasai Kemasyarakatan (Ormas) islam, yakni Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) kota setempat.

“Sudah klir, jadi saya tegaskan kejadian ini sudah selesai, tidak ada penyelidikan lebih lanjut,” papar perwira asal Sumenep Madura ini.

Ketua MUI Kota Probolinggo, KH Nizar Irsyad mendukung langkah polisi untuk mengakhiri penyelidikan kejadian itu. “Kami sudah konfirmasi dengan Kapolresta Probolinggo. Hasilnya sepakat mengakhiri kasus, juga tidak ada penyelidikan pengunggah video,” ucap Kiai Nizar.

Hal senada disampaikan oleh Abdul Halim selaku Ketua FKUB dan H. Samsur sebagai Ketua PCNU Kota Probolinggo. Mereka menilai penghentian kasus hukum itu sudah tepat agar kesalahpahaman penafsiran pawai TK bercadar tidak semakin bias.

“Kami juga sepakat bahwa kasus ini dihentikan dan tak perlu lagi mempersoalkan siapa pengunggah pertama video itu,” timpal Halim.

Diketahui, TK binaan Kodim 0820 Probolinggo yakni TK Kartika V/69 dikecam lantaran berbusana ala mujahid saat mengikuti pawai kemerdekaan, 18 Agustus lalu. Pakaian itu dianggap menanamkan faham radikalisme karena serba hitam dilengkapi cadar dan properti senjata laras panjang. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Antisipasi Teror, Pos Lantas Siapkan Karung

Baca Juga

Blarr! Ledakan Diduga Bom Ikan Guncang Pasuruan

Pasuruan,- Ledakan keras gemparkan warga di kawasan padat penduduk Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, …