Warga Kraksaan Gelar Upacara HUT RI di TPU, Kenapa ?

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-73, Senin (17/8/2018) digelar warga Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, dengan cara berbeda.

Bukannya menggelar upacara di lapangan atau alun-alun, warga justru menghelat upacara HUT RI di Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat. Tak hanya itu, warga di jalan Kampung Melayu RT/02 RT/02 ini mengenakan pakaian kemerdekaan selama prosesi upacara berlangsung.

Ketua RW/02 yang bertindak sebagai Inspektur upacara, Husnul Khotimah (43) mengatakan, upacara bendera di TPU merupakan aspirasi dari warga sekitar. Warga berswadaya untuk menggelar upacara bendera unik karena ingin menujukkan semangat nasionalisme secara berbeda.

“Ini murni keinginan warga, waga disini kompak untuk menggelar upacara bendera disini. Selain mengingat jasa pejuang, kami juga ingin mengingat jasa keluarga kami yang sudah meninggal dan dikuburkan disini,” kata Husnul Khotimah kepada PANTURA7.com.

Prosesi upacara ditengah kuburan yang dilakukan warga Kampung Melayu, Jum’at (17/8/2018).

Menurut Husnul, terdapat sekitar 400 warga yang terlibat dalam upacara bendera ini, baik sebagai peserta ataupun sekedar menonton saja. “ Mereka mempunyai latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda, mulai dari petani, guru hingga tukang becak,” ujarnya.

Salah satu peserta upacara, Sofyan (67) mengaku bahwa upacara bendera ditengah kuburan umum, tak mengurangi khidmat. Justru ia lebih menghayati prosesi sakral ini dibandingkan jika digelar di lapangan seperti biasanya.

“Bagi saya, ini lebih khidmat. Saya sudah berulangkali ikut upacara agustusan tetapi tak sekhidmat sekarang ini. Saya bisa mengenang jasa para pahlawan setelah melihat kuburan, terbayang saat mereka gugur di medan pertempuran,” papar Sofyan.

Dalam upacara ini, pempimpin upacara membacakan UUD1945, teks proklamasi dan mengheningkap cipta. Selesai upacara, peserta tidak langsung beranjak namun menggelar tahlil dan doa bersama untuk para pahlawan kemerdekaan. (*)

Baca Juga  Berawal Dari FB, Pemuda Mentor Gagahi Tetangga

 

 

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Kafe D’Javu Kota Probolinggo, Tawarkan Kenikmatan Kopi dan Kereta Api

Probolinggo,- Ada kafe unik di Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo yakni, …