Begini Detik-detik Pembacaan Teks Proklamasi Oleh ‘Bung Karno’ di Ketapang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 serentak dirayakan di seluruh pelosok negeri. Di Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadhlus Shalihin, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, ribuan santri melaksanakan upacara kemerdekaan di halaman pondok, Jumat (17/8/2018)

Uniknya, ribuan santri tersebut menggunakan gamis untuk santri laki-laki. Meskipun busana yang dikenakan tak seperti seragam petugas upacara pada umumnya, tetapi kecakapan baris-berbaris dan ketangkasan dalam melaksanakan tugasnya tak kalah dibandingkan petugas upacara lainnya.

Usai upacara diwarnai drama kolosal yang menggambarkan peran pemuda yang memaksa Bung Karno dan Bung Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. Digambarkan peristiwa Rengasdengklok yang mengamankan kedua tokoh tersebut.

Drama kolosal berlanjut sampai pembacaan teks proklamasi oleh Bung Karno yang diperankan oleh Muhammad Firzal. Suasana hening dan khidmat seolah membawa para peserta upacara pada tahun 1945. Pasca proklamasi dibacakan, ditampilkan kedatangan tentara Belanda yang marah atas kemerdekaan Indonesia.

Dan para santripun akhirnya ikut berperang dan berjihad melawan penjajah. Muhammad Firzal mengaku, senang bisa memerankan Bung Karno dalam drama kolosal tersebut.

“Senang sekali bisa menjadi Bung Karno meskipun hanya ada di Agustusan. Apalagi deg-degan ketika membaca teks proklamasi,” kata Firzal.

Sementara itu Habib Hadi Zainal Abidin, Pengasuh Pondok Pesantren Ketapang menegaskan, kemerdekaan Indonesia tak luput dari perjuangan santri dan ulama. Mereka ikut berjuang dalam mencapai kemerdekaan pada 1945.

“Ini sebagai refleksi bahwa kemerdekaan juga diperoleh dari perjuangan santri. Dan semoga menjadi renungan kita semua,” kata Walikota terpilih dalam Pilwali 2018.

Dengan upacara kemerdekaan ini, pihaknya berharap bisa menanamkan cinta tanah air dan rasa nasionalisme di kalangan para santri. “Kita pupuk sejak dini, sehingga rasa nasionalisme santri kuat,” tandas Habib Hadi. (*)

Baca Juga  Tinjau Penelitian Sapi Potong, Mentan Disambut 2 Ekor Pedet

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Demi Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Pemuda ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer

Probolinggo,- Pesantren Zainul Hasan (PZH) Gengggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, menggelar haul KH. Muhammad Hasan Genggong …