Timses HATI Bakal Gelar Debat Kandidat Mandiri

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tim Pemenangan pasangan calon (paslon) Puput Tantriana Sari – HA Timbul Prihanjoko (HATI), bakal menggelar debat kandidat tandingan di gedung Hasan Aminuddin Center (HAC) Jalan Raya Dringu, Kabupaten Probolinggo, pada Jum’at (22/6/2018) malam. Pelaksanaan debat ini berbarengan dengan jadwal debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo di Surabaya, sekitar pukul 19.00 WIB.

Debat kandidat tandingan ditempuh sebagai wujud kekecewaan karena KPU Kabupaten Probolinggo ngotot menggelar debat publik di salah satu stasiun televisi swasta yang berada di Surabaya. Padahal jauh-jauh hari, paslon HATI berikut Tim Suksesnya telah meminta agar adu gagasan antar paslon dilangsungkan di wilayah teritorial Kabupaten Probolinggo.

Alasannya, selain tak memberikan pendidikan politik bagi warga Kabupaten Probolinggo, debat kandidat jika dihelat di Surabaya akan menguras biaya yang tidak sedikit. Padahal biaya kontestasi pilkada seluruhnya menggunakan uang rakyat melalui hibah anggaran dari pemerintah daerah setempat.

“Timses HATI sudah memakai norma dan etika dalam berpolitik serta berazaskan toleransi. Sejak awal mengusulkan debat publik yang dibiayai dengan uang rakyat wajib didengarkan oleh rakyat, di teritorial dimana calon pemimpinnya akan memimpin bukan di kampung orang (Surabaya, red),” kata Hasan Aminuddin, Dewan Penasehat Timses HATI, Kamis (21/6/2018).

Informasi seputar debat kandidat Pilkada Probolinggo 2018, yang digelar mandiri oleh Timses HATI. (ist)

Inisiatif untuk menggelar debat kandidat secara mandiri itu, menurut Hasan, telah disepakati oleh para partai pengusung HATI, yakni Partai Nasdem, PDI-P, Golkar, Gerindra, PPP serta Hanura. Bahkan sudah mendapat restu dari sejumlah ormas keagamaan, seperti Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Probolinggo.

“Debat pertama sudah mengalah, tapi selanjutnya mohon maaf (kami) akan gelar sendiri dengan biaya mandiri di daerah teritorial Kabupaten Probolinggo,” tandas politisi yang menahkodai DPW Partai Nasdem DKI Jakarta ini.

Baca Juga  Telat Rekon, Tukin OPD Bakal 'Mampet'

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, M Zubaidi, justru yakin paslon petahana HATI bakal hadir dalam debat publik sesi II di Surabaya. Selain belum menerima surat pemberitahuan ketidakhadiran dari paslon HATI, pihaknya mengacu pada debat kandidat sesi I, 16 April lalu.

“Dalam debat kandidat pertama dulu, paslon nomor urut 1 menyatakan tidak hadir, tetapi ternyata hadir,” beber Zubaidi melalui sambungan seluler. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …