Terduga Teroris Sumbertaman Pernah Dekat Dengan Amrozi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Terduga teroris berinisial AP, pernah memiliki hubungan baik dengan pelaku Bom Bali I, Amrozi. Bahkan AP sempat mengantarkan jenazah Amrozi ketika terduga teroris itu dimakamkan, pada 2008 silam.

Informasi yang dihimpun, kedekatan AP dengan Amrozi bermula saat pria yang tinggal di Perum Sumbertaman Indah, Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo itu menikah dengan istri pertamanya yang berasal dari lamongan. Keduanya bertemu lalu berkenalan hingga Amrozi menghembuskan nafas terakhirnya.

“Istrinya masih satu kampung dengan Amrozi, jadi pas Amrozi dimakamkan dia ikut mengantarkan jenazah ke pemakaman,” cerita Endang Sulistiowati, tetangga depan rumah orang tua AP di Dusun Sumberan RT 3/ RW 6, Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (19/5/2018).

Dari penuturan Endang, diketahui bahwa AP sudah dua kali menikah. Istri pertamanya asal Kecamatan Selokuro, Kecamatan Lamongan dan dikarunia 3 anak. Lalu istri kedua berasal dari Pulau Madura, dan saa ini tengah hamil 6 bulan. Pernikahan AP dengan istri pertama retak, setelah keduanya memutuskan berpisah sekitar setahun yang lalu.

“Kalau istri yang pertama, tidak bercadar. Hanya mengenakan pakaian panjang seperti jubah. Untuk istri yang kedua ini bercadar, informasinya orang tua AP tidak merestui hubungan mereka,” beber Endang.

Sementara, Ketua RT setempat Sugianto mengakui jika perubahan sikap AP terlihat setelah menikah dengan wanita asal Lamongan. Pasca menikah, AP tidak banyak bersilaturrahim dengan tetangga dan teman masa kecilnya, bahkan model pakaian pun berbeda dengan sebelumnya.

“Setelah menikah dengan yang Lamongan itu, AP ini jarang silaturrahim, padahal sebelumnya dia suka main bola di lapangan desa. Kalau istri yang kedua ini, saya tidak banyak tahu sudah,” papar Sugianto.

Baca Juga  Lomba Agustusan, Santriwati Cantik Ini Mahir Baca Kitab Kuning

Seperti diketahui, AP ditangkap Densus 88 Anti Teror Polri di rumah kontrakannya di Perum Sumbertaman Indah, Jum’at (18/5/2018) sore. Pasca menangkap AP, Densus bersama Gegana menggeledah rumah orang tua AP di Desa Sumberkedawung. Dalam penggeledahan ini, polisi menyita sejumlah baham peledak dan puluhan butir amunisi. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Kisah Inspiratif Abdul Hari, Buruh Tani asal Pasuruan yang Naik Haji di Usia Senja

Pasuruan,- Di balik kesederhanaan gubuk berukuran 3×5 meter yang terletak di Desa Rembang, Kecamatan Rembang, …