Soal Puisi Sukmawati, MUI dan PCNU Minta Warga Tidak Gaduh

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Viralnya puisi Sukmawati Soekarnoputri yang berjudul ‘Ibu Indonesia’ mulai mengundang polemik di masyarakat. Lantaran dianggap kontroversi, beberapa oknum bahkan sudah melaporkan Sukmawari ke pihak berwajib.

Namun demikian, Meski munculnya Puisi tersebut kini telah menjadi sorotan oleh berbagai pihak, MUI kota Probolinggo lebih memilih tidak bersikap. MUI hanya sebatas menghimbau masyarakat, Agar tetap tenang dan tidak ikut gaduh.

Melalui sambungan selulernya, Ketua MUI kota Probolinggo, KH Nizar Irsyad membenarkan jika isi puisi tersebut, Memang mengundang kontroversi . Namun pihaknya masih belum menentukan sikap, Lantaran belum ada instruksi khusus melalui Kajian Penelitian, Dan Fatwa dari MUI Pusat.

“Kita masih menunggu dari pihak MUI Pusat dan meminta masyarakat Kota Probolinggo tidak gaduh dan tetap tenang, saya juga meminta ormas islam tak perlu terburu-buru ambil sikap sebab ditahun politik seperti ini rawan penggiringan opini,” jelasnya, Selasa (03/04/2018).

Hal senada disampaikan Ketua PCNU Kota Probolinggo, Muhammad. Pihaknya mengakui agak kaget, Atas isi dari puisi “Ibu Indonesia” karena khawatir memicu polemik. Ia pun masih enggan bersikap, Lantaran menunggu arahan PBNU Pusat di Jakarta.

“Isi puisi itu masih kita kaji dan diharap masyarakat tetap tenang tidak perlu gegabah, sebab kita Bangsa yang mengutamakan Tabayyun,” ujar Muhammad kepada PANTURA7.com melalui sambungan seluler.

Pihaknya menambahkan, Jika puisi kontrovesi tersebut perlu menunggu klarifikasi langsung dari yang bersangkutan, Agar masyarakat tak terganggu khususnya di jota Probolinggo, yang tengah menjalani tahapan Pilkada baik Pilgub maupun Pilwali.

Seperti diketahui, Puisi “Ibu Indonesia” dibacakan Sukmawati di ajang Indonesia Fashion Week 2018, Jakata Convention Centre, Pada Rabu 28 Maret lalu. Isi puisi tersebut, Dianggap telah menyinggung Suku , Agama , Ras , dan Antar Golongan (SARA). Saat ini, Video pembacaan puisi itu pun tengah menjadi viral di dunia medsos. (*)

Baca Juga  Sikapi Pawai TK Kontroversial, PCNU: Langkah TNI/Polri Sudah Tepat

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Zulkifly

Baca Juga

Haulnya Dibanjiri Ribuan Jemaah, Ternyata ini Keistimewaan Kiai Hasan Genggong

Probolinggo,- Lautan manusia memenuhi halaman Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo dalam haul …