Tangkal Radikalisme dan Berita Hoax, Prof Hamka Haq Gigih Sosialisasikan 4 Pilar

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Semangat cinta kebangsaan terus digulirkan anggota MPR RI, Prof Hamka Haq ditengah maraknya aksi radikalisme dan perang berita hoax di media sosial. Terbaru, wakil rakyat asal PDI-P itu menggelar sosialisasi empat pilar di Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Dalam sosialisasi yang digelar Kamis (22/2/2018) itu, Prof Hamka mengatakan bahwa radikalisme mengancam kemajemukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karenanya, perlu penanaman dan pemupukan ideologi bangsa secara kontinyu kepada elemen masyarakat.

“Salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan semangat nasionalisme adalah sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada warga negara. Dengan cara ini, gejala-gelaja intoleransi dapat diredam, mulai dari akar rumput hingga elitis,” jelasnya di hadapan 150 konstituen.

Konsep 4 pilar yang perlu disampaikan, jelas Prof Hamka, meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Sosialiasi ini, bukan sekedar karena kapasitasnya sebagai anggota MPR RI, namun lebih pada penanggulangan oleh seluruh emelen bangsa.

“Keberadaan dan keutuhan empat pilar kebangsaan mutlak diperlukan, karenaPancasila sudah menjadi asaz negara. Negara ini tak berazaskan agama, sehingga kemajemukan bangsa Indonesia harus terpelihara dengan baik. Aksi radikalisme harus diberantas,” imbuh Prof Hamka.

Prof Hamka juga menyebit, bahwa semangat cinta kebangsaan dalam 4 pilar, dapat menekan peredaran berita hoax, yang saat ini menjamur di media sosial. Sebab menurutnya, jika warga negara sudah cinta tanah airnya, ia tak mungkin membuat gaduh bangsanya sendiri.

“Berita-berita hoax membuat kegaduhan dan memecah belah bangsa, itu tak akan dilakukan oleh orang-orang yang cinta tanah air, cinta kepada bangsanya,” pungkas Prof. Hamka. (em/arf).

 

Baca Juga  Menuju Pemilu Yang 'Menang Bermartabat, Kalah Terhormat'

Baca Juga

Dampak El Nino, Cuaca Siang Masih Terik meski Turun Hujan

Probolinggo,- Meski saat ini Kota Probolinggo sudah masuk musim penghujan, namun suhu masih terasa terik …