Hadiri Haul di Genggong, Mensos Agus Gumiwang Dorong Pesantren Preneur

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Puluhan ribu jamaah hadiri Haul Almarhum Al-Arifbillah KH. Sholeh Nahrawi di halaman Pondok Pesanren (Ponpes) Baitus Sholihin, Desa Temenggungan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (15/9/2018).

Selain disesaki oleh santri, alumni dan simpatisan, turut hadir sejumlah tokoh penting seperti Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jatim La Nyalla Mattalitti, Anggota DPR RI Dapil II Mukhammad Misbakhun serta Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam arahannya, Mensos Agus mengapresiasi pondok pesantren yang telah memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara, sejak masa penjajahan hingga era kemerdekaan. Pesantren dinilai konsekuen memegang teguh nasionalisme dan berkontribusi dalam pembangunan nasional.

“Di pesantren banyak diajarkan berbagai hal, tentang agama, gotong royong dan lain-lain, sehingga memberikan contoh yang baik untuk generasi bangsa. Dan kita tahu bahwa kemerdekaaan kita itu juga tak lepas dari peran pesantren,” kata Agus.

Mensos Agus Gumiwang saat menghadiri Haul KH Sholeh Nahrawi di Ponpes Baitus Sholihin, Temenggungan, Krejengan, Probolinggo, Sabtu (15/9/2018).

Sementara untuk menopang kemandirian pesantren, Kementerian Sosial menurut Agus, telah menyiapkan sejumlah program guna peningkatan perekonomian pondok pesantren, seperti penyaluran bantuan modal usaha dan pendampingan santri enterpreneur.

“Kami mempunyai dana untuk membina dan mencetak pengusaha-pengusaha baru dari kalangan pesantren. Jadi silahkan pesantren membuat konsep usaha, nanti kita kasih pendampingan dan modal tanpa bunga,” imbuh politisi Golkar ini.

Sebelum bertolak, Mensos menyerahkan bantuan dana senilai Rp. 100 juta secara simbolis kepada pengasuh pesantren, KH. Mohamad Hasan AinulYaqin. “Mudah-mudahan dana ini cukup untuk menyelesaikan pembangunan masjid yang belum selesai disini,” ujar dia.

Mewakili pengasuh, KH Mohammad Hasan Saiful Islam mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. Kiai Saiful Islam berjanji akan menggunakan bantuan itu untuk kebutuhan operasional pesantren dan pembangunan masjid.

“Terima kasih kepada Pak Menteri, semoga dipanjangkan umurnya dan mendapatkan barokah almarhum Kiai Sholeh Nahrawi. Insyallah bantuan yang diberikan amanah,” tutur kakak KH. Mohamad Hasan Ainul Yaqin ini. (*)

Baca Juga  Kala Kiai Mutawakkil dan Kiai Zuhri Tunjukkan Tradisi Saling Mencium Tangan

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Demi Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Pemuda ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer

Probolinggo,- Pesantren Zainul Hasan (PZH) Gengggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, menggelar haul KH. Muhammad Hasan Genggong …