Anggota Polres Probolinggo Difasilitasi Perumahan, Ini Alasannya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Anggota polri yang bertugas di Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo, dalam waktu dekat akan memiliki hunian baru. Ini setelah Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) dengan pihak perbankan dan pengembang, Rabu (29/11/2017).

Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad mengatakan, pengadaan rumah dengan cara menggandeng salah satu bank plat merah, untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Polri, yang belum memiliki rumah. Caranya, dengan mengajukan pembelian rumah sistem cicil, yang difasilitasi oleh Bank.

“Kami memfasilitasi anggota yang belum memiliki rumah, agar mereka memiliki rumah layak huni. Karena banyak ditemui, anggota yang sudah berpuluh-puluh tahun bertugas justru tidak punya rumah, bahkan sampai mereka purna tugas,” papar Kapolres usai melakukan penandatanganan MoU, di ruang Eksekutif Polres Probolinggo.

Terkait pembiayaan, Perumahan Bhayangkara Bromo Regency ini kata Kapolres, akan dilakukan dengan sistem potong gaji tiap bulannya. Dengan sistem ini, lanjut Kapolres, anggota tidak perlu was-was jika mereka kemudian pindah tugas, usai memeliki rumah baru. “Tak ada hambatan, kan lansung potong gaji,” paparnya.

Selama ini, menurut Kapolres, Polres Probolinggo belum memiliki asrama, sehingga anggota banyak yang tinggal di rumah kontrakan, membeli rumah sendiri, atau menempati asrama Polri di Jl. Dr Shaleh Kota Probolinggo, yang merupakan asrama milik Polresta Probolinggo.

“Jadi setelah ada perumahan ini, asrama yang ditempati anggota akan kami serahkan ke Polresta Probolinggo, karena itu aset mereka. Selain perumahan, anggota juga bisa menempati asrma di belakang kantor, tetapi kapasitasnya hanya 46 ruangan,” kata mantan Kapolres Tuban ini.

Harman Soesanto, Kepala BTN Cabang Malang menyebutkan, pihaknya akan membantu pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi bagi anggota Polri, dimana setelah prosespengajuan rumah akan dibangun dalam jangka waktu 6 bulan. Anggota Polri dibebaskan memilih lokasi rumah, senyampang pihak pengembang bekerja sama dengan pihaknya.“Untuk rumah bersubisi, kami berikan subsidi bunga sebesar 5% sesuai ketetapan pemerintah, sehingga angsuranperbulannya sekitar Rp. 700 ribuan. Untuk jangka waktu, bisa sampai 25 tahun. Yang pasti, program ini sangat meringankan bagi pemohon,” ujar Harman. (em/arf).

Baca Juga  Peredaran 4.119 Rokok Ilegal di Lumajang Digagalkan 

Baca Juga

Harga Bawang Merah Tinggi, Pemkab Probolinggo Curigai Ada Monopoli

Probolinggo,- Naiknya harga bawang merah di Probolinggo tidak hanya karena faktor petani gagal panen, namun …