Puluhan Ribu KPM di Kabupaten Probolinggo Segera Terima PKH Non Tunai

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 49.848 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang tersebar dalam 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo, akan menerima bantuan sosial (bansos) tahap IV tahun 2017 secara non tunai.

Mereka akan menerima bansos PKH Non Tunai total sebesar Rp 19.414.670 yang akan disalurkan ke rekening penerima manfaat. Penyaluran PKH ini akan dilakukan awal Desember 2017. Dengan SK Bupati, maka Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, akan melakukan monitoring dan evaluasi untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di lapangan.

“Kepada tim penyalur dan pendamping, harus betul-betul melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran PKH Non Tunai. Supaya diketahui sejak dini adanya kesulitan dan hambatan serta segera bisa dicarikan solusi,” papar Asy’ari, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Rabu (29/11/2017).

Hanya saja menurut Asy’ari, sampai saat ini ada beberapa KPM yang belum mengambil dananya karena jauh dari pelayanan, termasuk belum menerima buku rekening. “Intinya kita berkewajiban memberikan pelayanan terbaik kepada KPM program PKH di Kabupaten Probolinggo agar bisa tepat waktu dan tepat sasaran,” terangnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kabupaten Probolinggo Soedjianto menyebutkan, hingga September 2017 jumlah KPM di Kabupaten Probolinggo mencapai 50.378 KPM. Namun pada tahap keempat jumlahnya berkurang 196, sehingga menjadi 49.848 KPM.

“Pengurangan ini dikarenakan beberapa hal misalnya meninggal dunia, pindah alamat atau sudah tidak memenuhi syarat sebagai penerima PKH.” jelas Soedjianto.

Untuk tahun 2018, lanjut Soedjianto, Kabupaten Probolinggo mendapatkan tambahan 30.579 KPM. Hanya setelah dilakukan verifikasi oleh para Pendamping PKH, jumlah tambahannya hanya 10.537 KPM. “Sementara 20.000 KPM tidak tepat sasaran, sehingga untuk tahun 2018 penerima PKH mencapai 60.385 orang,” tandasnya. (em/arf).

Baca Juga  Kemarau Panjang, Harga Kebutuhan Dapur Naik

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …