Puluhan Ribu Jamaah Hingga Bacagub Jatim, Hadiri Haul Kiai Hamid Pasuruan

PASURUAN-PANTURA7.com, Haul Al-Maggfurllah KH Abdul Hamid bin Abdullah bin Umar ke 36 dan Ibu Nyai Nafisah ke 27 yang digelar di halaman Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah, di Jl. KH Abdul Hamid, Panggungrejo, Kota Pasuruan, dipenuhi puluhan ribu jamaah, Selasa (28/11/2017).

Kepadatan sudah terjadi sejak memasuki subuh. Mereka yang datang dari berbagai penjuru daerah, tak lain untuk mencari barokah dari haul Kiai Abd Hamid yang dikenal kharismatik dan besar karomahnya.

Tak hanya para laki-laki saja, melainkan kalangan ibu-ibu juga ikut hadir meski suasananya berdesakan. Bahkan, mereka ada yang rela menginap di mushollah ataupun di pinggir jalan pintu masuk lokasi haul.

“Saya datang dari kecamatan gondang wetan bersama istri. Tadi berangkat dari rumah setelah selesai sholat subuh dan Alhamdulillah bisa datang ke haul ini. Kami ingin barokah haul,” terang Tohari salah satu jammah, di lokasi haul.

KH Idris Hamid, putra terakhir Kiai Hamid sekaligus tuan rumah haul, mengapresiasi semua pihak yang ikut membantu terwujudnya haul tahun 2017 ini. Gus Idris, begitu Kiai ini dipanggil, menyebutbahwa haul adalah milik semua masyarakat.

“Semuanya ikut mensukseskan jalannya haul, pelaksanaan haul saja di Pemkot Pasuruan, yang dipimpin langsung oleh pak Sekda. Haul ini milik masyarakat, bukan cuma keluarga besar pesantren,” ujarnya saat berikan sambutan pembukaan haul.

Menariknya, haul ini tidak hanya didatangi jamaah dan para Kiai NU di Jatim, namun juga mendapat perhatian dari bakal calon gubernur (Bacagub) Saifullah Yusuf dan La Nyalla Mattaliti, yang hadir di lokasi haul. (ata/arf).

Baca Juga  Korban Banjir Bandang Tiris Butuh Makanan dan Genset

Baca Juga

Mimpi itu Kini Nyata! Penjual Sandal Keliling di Pasuruan Akhirnya Berangkat Haji

Pasuruan,- Bagi Yahya (48), warga Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, tahun 2024 ini menjadi …