Puluhan Papan Peringatan Dipasang di Bromo, Apa Tujuannya?

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 40 papan peringatan dipasang oleh Forum Sahabat Gunung (FSH) di kawasan wisata alam Gunung Bromo, Jumat (3/11/2017). Puluhan papan itu berisi himbauan untuk tidak buang sampah sembarangan, larangan buat jalur baru, peringatan tidak injak rumput, peringatan batas kendaraan, himbauan hormati tanah leluhur dan lain-lain sebagainya.

Rambu-rambu pelestarian alam dipasang di beberapa titik seantero Bromo, meliputi padang savana, pura poten, lautan pasir, bukit teletubbies dan area lain. Setidaknya ada 75 relawan dari Bromo Lovers, Patra, Saver, Gimbal Alas, PKL Bromo, Polsek Sukapura, SMK Negeri Sukapura, dan TNBTS yang terlibat dalam kampanye alam hijau ini.

“Permasalahan akhir-akhir ini, kita temukan banyak pelanggaran di savana, baik oleh pengunjung, klub-klub mobil dan motor, yang menginjak-injak rumput. Tak hanya itu, sampah-sampah berserakan dimana-mana, akibat ketidakpedulian dan kurangnya pemahaman wisatawan,” beber Sismiko, koordinator aksi.

Relawan FGS, kata Miko, merupakan sebuah forum tanpa ketua dan anggota. FGS terbentuk dan tergerak untuk aksi cepat tanggap terhadap segala kedarutan tentang eksotika alam kawasan bromo. “Kami bergerak secara sukarela dengan hati yang iklas demi kelestarian gunung ini,” tandasnya.

Selain memasang papan himbauan dan peringatan, para relawan pecinta lingkungan hidup ini juga memunguti sampah. Puluhan kantong berisi sampah-sampah organik dan non organik berhasil dikumpulkan dan dibawa ke TPS.

“Kami mengajak kepada para wisatawan dan warga sekitar, untuk menjaga kelestarian kawasan ini. Cinta lingkungan juga sudah harus dipupuk sejak dini kepada anak-anak. Tujuannya, virus cinta lingkungan dapat menyebar sehingga upaya menjaga kelestarian lingkungan, dapat kita lakukan dimana saja kita berada,” ungkap Ketua Komunitas Bromo Lovers, Teguh Wibowo. (asl/ela).

(asl/ela).

Baca Juga  Pengunjung Air Terjun Jaran Goyang Tewas, Dewan Segera Panggil Pengelola

Baca Juga

TWSL Masih Jadi Wisata Favorit Libur Lebaran di Probolinggo

Probolinggo,- Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo masih menjadi tempat favorit warga pada libur …