Presiden Jokowi saat tiba di Probolinggo, Kamis (2/11/2017.)

Kunjungi Probolinggo, Jokowi Bagikan Ribuan SK Hak Pemanfaatan Tanah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Presiden RI, Joko Widodo, membagikan surat keputusan (SK) pemanfaatan hak guna tanah hutan bagi ribuan petani,saat melakukan kunjungan kerja di Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Kamis (02/11/2017) siang.

Pemberian SK untuk menjamin pemanfaatan dan perlidungan negara bagi petani di lereng pegunungan di tiga kabupaten, masing-masing Probolinggo, Jember dan Lumajang. SK ini diberikan gratis agar petani bisa menikmati hak kelola atas tanah. Tak tanggung-tanggung, masa berlaku SK sampai 35 tahun dan bisa diperpanjang.

“Ini merupakan proses pemerataan ekonomi yang selama ini kami bicarakan. Intinya jangan sampai ada lahan yang mangkrak. Dengan pendampingan perbankan, BUMN, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian rakyat,” ujar Jokowi, usai menyerahkan SK kepada perwakilan gabungan kelompok tani (Gapoktan).

Pembagian SK, kata Presiden, merupakan program sinergi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Terdapat 2.867 SK dengan luas lahan 2.624 hektar, yang dibagikan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi jelaskan SK pemanfaatan hak tanah di Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Kamis (2/11/2017).

Ditanya soal potensi kegagalan usaha petani dalam program ini, mantan Gubernur DKI itu menyebut sudah ada asuransi yang menanggungnya. Sebab, usaha rakyat seperti pertanian ini memang banyak kendala, seperti faktor cuaca maupun faktor lainnya.

“Yang penting rakyat pegang lahan dulu, statusnya jelas dulu. Nanti setelah itu, mau ditanami apapun, boleh asalkan menghasilkan dan produktif,” tuturnya.

Jokowi berjanji, pelaksanaan usaha rakyat semacam ini akan dilanjutkan, untuk mendongkrak pendapatan dan taraf hidup warga lereng pegunungan, terutama petani. “Akan terus berlanjut, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lanjut ke daerah lainnya,” tutup Presiden. (em/ela).

Baca Juga  Warga Kraksaan Gelar Upacara HUT RI di TPU, Kenapa ?

Baca Juga

Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Cepat Panen

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, mengajak masyarakat menanam pangan cepat panen untuk menekan angka inflasi. …