Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal saat memberi santunan kepada bocah penderita hidrosepalus, Rosalia (7), Senin (16/10/2017).

Setelah Tujuh Tahun, Rosalia Akhirnya Terima Bantuan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Nasib Rosalia (7), warga Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, sungguh tak beruntung. Putri ketiga pasangan suami istri Sawi dan Entin itu menderita penyakit hidrocepalus. Namun selama itu pula, ia tak mendapat bantuan sedikitpun dari pemerintah.

Sehari-hari, Rosalia hanya terbaring dan menghabiskan waktunya di atas kasur. Itu karena penyakit Hidrocepalus yang diderita sejak usia empat bulan, kian membengkak. Sehingga berpengaruh pada organ penglihatan, mulut dan hidungnya.

Pekerjaan Sawi sebagai buruh bangunan, hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari saja. Sedangkan untuk berobat, kedua oang tua Rosalia harus mencari hutangan kesana kemari, hinga akhirnya mereka pasrah.

“Dulu waktu awal terdeteksi, sempat kami obati ke rumah sakit. Tapi karena terkendala biaya, akhirnya kami hentikan. Pengobatan selanjutnya kami lakukan dengan terapi pijat atau pengobatan alternatif,” kala Entin,saat ditemui di rumahnya, Senin (16/10/2017) siang.

Ditanya soal bantuan dari pemerintah, dengan terisak Entin menggelengkan kepala. Selama ini, bantuan baru diterimanya dari pihak Polresta Probolinggo. Berupa kasur, gerobak kelontong, serta sejumlah santunan. “Memang sempat ada bantuan sembako dari koramil, itupun sekitar 2013 silam. Setelah itu, tidak ada. Baru dari pak polisi ini,” tuturnya.

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal menjelaskan, bantuan dari pihaknya semata-mata untuk meringankan beban hidup Rosalia dan keluarganya.

“Setidaknya keberadaan gerobak kelontong itu bisa digunakan untuk membantu perekonomian keluarganya. Sehingga nantinya bisa dipakai untuk mengobati penyakit Rosalia,” ujar Alfian.

Selain itu, bantuan untuk mengupayakan pengobatan juga dilakukan pihak Polresta Probolinggo. Salah satunya, dengan menghubungi instansi terkait, seperti Dinas Sosia, dengan harapan bisa membantu pengobatan untuk Rosalia. (guf/ela).

Baca Juga  Ada Khitanan Massal, Dua Remaja Ini Justru Bikin heboh

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …