Kantor Dispendik Kabupaten Probolinggo di jalan raya PB. Sudirman, Kota Kraksaan.

Sudah Dapat SK, Ribuan GTT Disebar Secara Karambol

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, menerapkan sistem karambol dalam penempatan Guru Tidak Tetap (GTT), di lembaga pendidikan se-Kabupaten Probolinggo. Penempatan GTT dilakukan pasca mereka mendapat Surat Keputusan (SK) dari Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari.

Kabid Pembinaan Tenaga Pendidik Dispendik Kabupaten Problinggo, Edi Karyawan mengatakan bahwa pergeseran itu sudah sesuai prosedur. Jika di suatu sekolah sudah terdapat 6 guru, maka berapapun jumlah GTT di sekolah tersebut harus dipindah ke lembaga pendidikan lain yang jumlah gurunya tidak memenuhi SPM.

“Skala kebutuhan guru itu harus SPM (Standar Pelayanan Maksimal). Jika ada 6 kelas, berarti butuh guru 9 orang. Terdiri dari kepala sekolah, guru olahraga, agama dan guru sekaligus wali kelas,” jelasnya, Kamis (5/10/2017).

Terlebih lanjut Edy, dalam proses tes wawancara, setiap GTT mengaku siap jika ditempatkan di lembaga pendidikan se-Kabupaten Probolinggo. Meski honor yang diberikan kepada GTT masih tergolong kecil, namun dengan kebijakan ini, diharapkan GTT bersangkutan bisa mengikuti program sertifikasi.

“Namun kami masih memberikan toleransi, kasihan kepada GTT. Jadi tidak langsung asal lempar, tetapi melakukan pergeseran seperti permainan karambol,” tandasnya.

Edy mencontohkan Kecamatan Pakuniran misalnya, yang kelebihan GTT mencapai 54 orang. Kemudian para GTT tersebut digeser ke kecamatan sebelah baratnya, misalnya ke wilayah Kota Kraksaan.

“Imbasnya, GTT di Kraksaan digeser ke Dringu, yang Dringu ke Sumber terus bergeser sampai menjangkau ke wilayah yang membutuhkan banyak GTT seperti Sukapura dan Sumber,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 2.361 GTT menerima Surat Keputusan (SK) Bupati pada Jum’at (29/9/2017) lalu. Mereka mendapatkan SK setelah 5 bulan direkrut sebagai Honorer Daerah (Honda) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. (em/ela).

Baca Juga  Perkuat Nasionalisme, Pemkot Probolinggo Gelar Kirab Pancasila

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …