Menu

Mode Gelap
Partai Gerindra Tunjuk Rusdi Sutejo jadi Bacabup di Pilkada Pasuruan Korban Pembacokan di Tongas Bantah Goda Istri Pelaku SD Negeri di Lumajang Kekurangan Murid, Kok Bisa? KPU Gunakan PKPU 8 Tahun 2024 untuk Pilkada Kabupaten Probolinggo Stok Menipis, Harga Cabai Rawit di Kota Probolinggo Tembus Rp100 Ribu Kapok! Dua Spesialis Maling Pikap di Pasuruan Diringkus Polisi

Wisata · 21 Jun 2024 16:49 WIB

Bromo Ditutup Empat Hari, Wisatawan Jadwal Ulang Kunjungan


					EKSOTIK: Kaldera Gunung Bromo tertutup kabut sehingga bak negeri diatas  awan. (foto: dok(. Perbesar

EKSOTIK: Kaldera Gunung Bromo tertutup kabut sehingga bak negeri diatas awan. (foto: dok(.

Probolinggo,- Balai sar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengeluarkan pengumuman penutupan kawasan wisata Gunung Bromo seiring adanya upacara Yadnya Kasada di kawasan itu.

Dampaknya, banyak wisatawan yang akhirnya menjadwal ulang (reschedule) kunjungannya ke Bromo hingga Yadnya Kasada tuntas digelar.

Penutupan wisata Gunung Bromo berlangsung Jumat-Senin (21-24/6/2024). Selain bertepatan dengan Yadnya Kasada, juga untuk pembersihan dan serta pemulihan ekosistem.

Adanya penutupan ini, membuat wisatawan menjadwal ulang kunjungan. Sebagian wisatawan bahkan tetap berkunjung namun ke obyek wisata alternatif.

Pemilik angkutan jip wisata, Soni Wahyu mengatakan, adanya penutupan ini membuat tamunya banyak yang melakukan reschedule. Baik memajukan jadwal kunjungan atau memundurkan jadwal kunjungan.

“Untuk pengumuman penutupan Bromo, terlalu mendadak, sehingga banyak tamu yang sudah booking akhirnya me-reschedule jadwal,” ujar Soni, Jumat (21/6/24).

Meskipun demikian, masih ada tamu yang tetap berkunjung ke Bromo karena sudah telanjur booking hotel dan tiket pesawat. Namun wisatawan yang datang hanya bisa mengunjungi tempat wisata di luar Lautan Pasir (Kaldera) Bromo salah satunya, Seruni Point.

Pada bulan Juni ini, kunjungan wisatawan khususnya asing mulai banyak. Sehingga sebelum penutupan Bromo banyak wisatawan asing yang datang ke Bromo.

“Sejak beberapa hari kemarin, yang menyewa jip saya kebanyakan wisatawan asing. Namun setelah Bromo dibuka kembali akan banyak wisatawan lokal yang datang karena bertepatan dengan libur sekolah,” papar Soni.

Hal senada diungkapkan, pemilik jip lainnya, Khoirul Umam. Dikatakan banyak wisatawan yang menjadwalkan ulang kunjungannya ke Bromo karena adanya penutupan.

Selain kebanyakan wisatawan mengetahui penutupan, ia juga telah menginformasikan penutupan tersebut ke sejumlah calon pengunjung.

“Jadi tamu-tamu ini banyak yang sudah tahu bahwa Bromo akan ditutup, makanya mereka menjadwalkan ulang kunjungannya ke Bromo,” terang Khoirul. (*)

 

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tawarkan Eksotika Alam, Pantai Greenthing Paiton Mulai Diburu Wisatawan

21 Juli 2024 - 20:17 WIB

Jazz Gunung Bromo 2024, Elfa’s Singers hingga Ndaru Ndarboy Hangatkan Penonton dalam Balutan Bediding Bromo

20 Juli 2024 - 15:27 WIB

Mengapa Fenomena Embun Upas Terjadi di Bromo? Begini Penjelasannya

17 Juli 2024 - 17:44 WIB

Menakjubkan! Kristal Salju Selimuti Ranu Pani Lumajang

14 Juli 2024 - 20:26 WIB

Klepon Gempol, Oleh-oleh Khas Pasuruan yang Selalu Ramai Pembeli

10 Juli 2024 - 16:25 WIB

Trending di Wisata