Menu

Mode Gelap
Literasi Digital Penting bagi Generasi Muda demi Perangi Berita Hoaks pada Pilkada 2024 ‘Disambut’ Bencana Alam, Pj Bupati Lumajang Torehkan Banyak Prestasi Sadis! Wanita di Kuripan Probolinggo Habisi Suami karena CLBK dengan Istri Pertama Hoaks Bertebaran Jelang Pilkada Serentak 2024, Jurnalis Diminta Jadi Tonggak Penegak Demokrasi Kandang Ternak di Sumbertaman Kota Probolinggo Terbakar, Motor Ikut Ludes PT. KAI Daop 9 Bongkar Bantalan Rel Kayu, Diganti dengan Bantalan Sintetis

Pemerintahan · 20 Jun 2024 19:50 WIB

Tingkatkan Kunjungan, Objek Wisata di Lumajang Terapkan Pembayaran via QRIS


					DIGITALISASI: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melaunching sistem pembayaran via QRIS di Obyek Wisata Tumpak Sewu, Kamis (20/6/24). (foto: Asmadi). Perbesar

DIGITALISASI: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melaunching sistem pembayaran via QRIS di Obyek Wisata Tumpak Sewu, Kamis (20/6/24). (foto: Asmadi).

Lumajang,- Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengatakan, pentingnya digitalisasi pembayaran untuk meningkatkan kemudahan akses wisatawan dan efisiensi dalam transaksi.

“Dengan QRIS, wisatawan tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar,” kata Yuyun saat melaunching QRIS di Obyek Wisata Tumpak Sewu Kabupaten Lumajang, Kamis (20/6/24).

“Mereka (pengunjung, red) kini dapat melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan aplikasi perbankan atau dompet digital,” imbuhnya.

Langkah tersebut diharapkan dapat mengurangi penggunaan uang tunai, mendukung gerakan cashless society, serta mempercepat proses pembayaran di lokasi-lokasi wisata.

Kepala daerah yang akrab disapa Yuyun itu menyampaikan, Pemkab Lumajang terus berupaya mengajak seluruh objek wisata di kota pisang untuk terlibat dalam digitalisasi pembayaran.

“Hal tersebut sejalan dengan visi untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi pengunjung, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata,” ujarnya.

Pembayaran digital dapat diakses di seluruh objek wisata di Kabupaten Lumajang. Saat ini, penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) baru dilakukan di objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Lumajang seperti Selokambang Water Park.

“Dukungan dari pihak perbankan dalam digitalisasi pembayaran sangat kami syukuri. Saat ini, objek wisata seperti Tumpak Sewu juga sudah dapat melakukan pembayaran melalui QRIS,” terang dia.

Dengan kebijakan itu, diharapkan pariwisata Lumajang jadi lebih modern, efisien, dan menyediakan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung dari dalam maupun luar daerah.

Disamping itu, Yuyun mengapresiasi partisipasi aktif dari pihak perbankan dalam mendukung inisiatif tersebut, sehingga proses pembayaran tiket dapat dimudahkan.

“Kami berharap kerja sama antara pemerintah, perbankan, dan pengelola objek wisata dapat terus ditingkatkan, sehingga pembayaran digital dapat diimplementasikan secara luas di semua destinasi wisata Lumajang,” pungkasnya. (*)

 

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 69 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

‘Disambut’ Bencana Alam, Pj Bupati Lumajang Torehkan Banyak Prestasi

23 Oktober 2024 - 12:23 WIB

Prabowo-Gibran Dilantik, Kiai Kampung di Probolinggo Tasyakuran dan Doa Bersama

21 Oktober 2024 - 02:30 WIB

Warung Godhong Gedhang Lumajang Sajikan Panorama Pedesaan dan Pemandangan Alam Pegunungan

20 Oktober 2024 - 08:08 WIB

Pendaftaran Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lumajang Dibuka Hingga 1 November 2024

19 Oktober 2024 - 15:59 WIB

DPRD Kabupaten Pasuruan Proses PAW Dua Anggota yang Mundur untuk Pilkada

17 Oktober 2024 - 14:00 WIB

Transparansi Informasi Publik, Pj Bupati Lumajang : Itu Reformasi Birokrasi yang Efektif

15 Oktober 2024 - 19:45 WIB

Sebanyak 3.840 KPM Belum Dapat Bantuan dari Dinsos Lumajang

15 Oktober 2024 - 15:43 WIB

Kunjungan Wisatawan Asing ke Jatim Meningkat Tajam, Naik 77,33 Persen

13 Oktober 2024 - 11:43 WIB

Sejarah Baru Pembangunan Lumajang di Era Pj Bupati Yuyun

11 Oktober 2024 - 13:36 WIB

Trending di Pemerintahan