Menu

Mode Gelap
Partai Gerindra Tunjuk Rusdi Sutejo jadi Bacabup di Pilkada Pasuruan Korban Pembacokan di Tongas Bantah Goda Istri Pelaku SD Negeri di Lumajang Kekurangan Murid, Kok Bisa? KPU Gunakan PKPU 8 Tahun 2024 untuk Pilkada Kabupaten Probolinggo Stok Menipis, Harga Cabai Rawit di Kota Probolinggo Tembus Rp100 Ribu Kapok! Dua Spesialis Maling Pikap di Pasuruan Diringkus Polisi

Pemerintahan · 20 Jun 2024 19:50 WIB

Tingkatkan Kunjungan, Objek Wisata di Lumajang Terapkan Pembayaran via QRIS


					DIGITALISASI: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melaunching sistem pembayaran via QRIS di Obyek Wisata Tumpak Sewu, Kamis (20/6/24). (foto: Asmadi). Perbesar

DIGITALISASI: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melaunching sistem pembayaran via QRIS di Obyek Wisata Tumpak Sewu, Kamis (20/6/24). (foto: Asmadi).

Lumajang,- Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengatakan, pentingnya digitalisasi pembayaran untuk meningkatkan kemudahan akses wisatawan dan efisiensi dalam transaksi.

“Dengan QRIS, wisatawan tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar,” kata Yuyun saat melaunching QRIS di Obyek Wisata Tumpak Sewu Kabupaten Lumajang, Kamis (20/6/24).

“Mereka (pengunjung, red) kini dapat melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan aplikasi perbankan atau dompet digital,” imbuhnya.

Langkah tersebut diharapkan dapat mengurangi penggunaan uang tunai, mendukung gerakan cashless society, serta mempercepat proses pembayaran di lokasi-lokasi wisata.

Kepala daerah yang akrab disapa Yuyun itu menyampaikan, Pemkab Lumajang terus berupaya mengajak seluruh objek wisata di kota pisang untuk terlibat dalam digitalisasi pembayaran.

“Hal tersebut sejalan dengan visi untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi pengunjung, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata,” ujarnya.

Pembayaran digital dapat diakses di seluruh objek wisata di Kabupaten Lumajang. Saat ini, penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) baru dilakukan di objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Lumajang seperti Selokambang Water Park.

“Dukungan dari pihak perbankan dalam digitalisasi pembayaran sangat kami syukuri. Saat ini, objek wisata seperti Tumpak Sewu juga sudah dapat melakukan pembayaran melalui QRIS,” terang dia.

Dengan kebijakan itu, diharapkan pariwisata Lumajang jadi lebih modern, efisien, dan menyediakan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung dari dalam maupun luar daerah.

Disamping itu, Yuyun mengapresiasi partisipasi aktif dari pihak perbankan dalam mendukung inisiatif tersebut, sehingga proses pembayaran tiket dapat dimudahkan.

“Kami berharap kerja sama antara pemerintah, perbankan, dan pengelola objek wisata dapat terus ditingkatkan, sehingga pembayaran digital dapat diimplementasikan secara luas di semua destinasi wisata Lumajang,” pungkasnya. (*)

 

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Nego ke BPK Mentok, Guru Honorer di Lumajang Terancam Kewajiban Kembalikan Uang Tunjangan

23 Juli 2024 - 13:39 WIB

Jelang HUT RI, Pemkab Lumajang Buka Pemusatan Diklat Paskibraka

22 Juli 2024 - 13:54 WIB

Tawarkan Eksotika Alam, Pantai Greenthing Paiton Mulai Diburu Wisatawan

21 Juli 2024 - 20:17 WIB

Angka Kematian Ibu Hamil di Lumajang Menurun, Segini Jumlahnya

21 Juli 2024 - 17:02 WIB

PABPDSI Lumajang Dilantik, Sekda Agus Beri Pesan Begini

20 Juli 2024 - 18:07 WIB

Trending di Pemerintahan