Menu

Mode Gelap

Religi & Pesantren

Tangis Haru Warnai Pelepasan Ratusan Jemaah Calon Haji di Lumajang


badge-check

Reporter: 

23 Mei 2024 08:04 WIB 17.1K View ·


					DILEPAS: Ratusan jemaah calon haji di Kabupaten Lumajang dilepas ke tanah suci, Kamis (23/5/24) subuh. (foto: Asmadi). Perbesar

DILEPAS: Ratusan jemaah calon haji di Kabupaten Lumajang dilepas ke tanah suci, Kamis (23/5/24) subuh. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Lumajang diwarnai isak tangis haru keluarga. Perasaan sedih sekaligus bahagia terpancar dari raut muka keluarga saat rombongan bus yang membawa para jemaah, satu persatu keluar dari Pendopo Arya Wiraraja, Kamis (23/5/24) dinihari.

Dengan melambaikan tangan tanda perpisahan, sesekali air mata dari keluarga maupun JCH menetes tak tertahankan. Keberangkatan para tamu Allah SWT penuh bahagia nan haru.

Salah satu keluarga JCH, Siti Maisaroh mengatakan, ia terharu lantaran mengingat perjuangan saudaranya agar bisa berangkat haji tahun ini.

Bahkan, sempat juga keluarganya tidak pulang dari perantauan selama bertahun-tahun hanya untuk mencari modal pergi ke tanah suci.

“Saya ingat mbak saya memang ingin sekali naik haji, akhirnya tahun ini bisa berangkat, alhamdulillah,” kata Siti ditemui di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang.

Senada dengan Siti Maisaroh, keluarga JCH lainnya, Husnul Khotimah mengaku amat bahagia ketika ibu terdaftar dalam JCH yang bisa berangkat ke tanah suci tahun ini.

Namun, Khotimah sedikit khawatir mengingat ibunya yang sudah lanjut usia (lansia) tahun ini berangkat sendirian. Ia berharap ibunya diberi keselamatan dan menjadi haji yang mabrurah.

“Saya senang ibu bisa haji, tapi saya sedih karena harus ditinggal apalagi beliau berangkat sendiri, semoga hajinya diterima oleh Allah SWT,” harap dia.

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni berharap, para calon jemaah haji yang diberangkatkan bisa menunaikan semua rangkaian ibadah sampai selesai dan diberi keselamatan hingga pulang ke tanah air.

“Semoga hajinya mabrur mabrurah dan diberi keselamatan sampai ke tanah air bisa bertemu lagi dengan keluarga. Saya titip Lumajang untuk didoakan disana,” tuturnya.

Menurut Yuyun, panggilan akrab Indah Wahyuni, tahun ini ada 923 JCH asal Kabupaten Lumajang diberangkatkan. Ratusan jemaah itu dibagi menjadi 3 kelompok terbang (Kloter).

“Pemberangkatan terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 04.30 WIB, yakni kloter 47 dan 48. Sedangkan, kloter 51 rencananya akan diberangkatkan sore nanti, sekitar pukul 16.30 WIB,” jelasnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

NU-Muhammadiyah Kompak! Perayaan Idul Adha Tahun ini Bersamaan

9 Juni 2024 - 17:19 WIB 14.2K View

Cuaca Ektrem di Mekkah, Banyak Jemaah Haji Probolinggo Sakit

6 Juni 2024 - 19:58 WIB 20.3K View

Ada Piodalan Mandhara Giri Semeru Agung 2024, Pemkab Lumajang Siap Sukseskan

24 Mei 2024 - 20:45 WIB 39.5K View

Umat Buddha Probolinggo Gelar Ritual Perayaan Waisak, Begini Prosesinya

24 Mei 2024 - 09:13 WIB 50.1K View

Jelang Puncak Perayaan Waisak, Jemaat Klenteng Tri Dharma Mandikan Patung Budha

23 Mei 2024 - 16:41 WIB 58.1K View

Trending di Religi & Pesantren