Menu

Mode Gelap

Religi & Pesantren

Diwarnai Isak Tangis, Ratusan Jemaah Calon Haji asal Kota Pasuruan Diberangkatkan


badge-check

Reporter: 

22 Mei 2024 17:20 WIB 40.5K View ·


					DIBERANGKATKAN: Ratusan jemaah calon haji di Kota Pasuruan diberangkatkan ke tanah suci, Rabu (22/5/24) siang. (foto: Moch. Rois). Perbesar

DIBERANGKATKAN: Ratusan jemaah calon haji di Kota Pasuruan diberangkatkan ke tanah suci, Rabu (22/5/24) siang. (foto: Moch. Rois).

Pasuruan,- Sebanyak 250 Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Pasuruan yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 46 diberangkatkan menuju Tanah Suci, Rabu siang (22/5/2024).

Pelepasan jemaah dilakukan oleh Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf, bersama sejumlah tokoh agama, di Gedung Kesenian Kota Pasuruan, diwarnai haru dan isak tangis keluarga yang mengantar.

Salah satu JCH, Didik, mengaku sudah menitipkan anaknya yang ditinggal menjalankan ibadah haji kepada keluarga untuk menjaga keseharian anak-anaknya.

“Saya sudah menitipkan anak-anak saya kepada keluarga untuk menjaga keseharian mereka selama saya pergi haji. Saya harap mereka memaklumi dan tetap rajin belajar dan beribadah,” kata Didik.

Sementara itu, Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, berpesan kepada seluruh JCH agar selalu menjaga kondisi kesehatan selama menjalankan ibadah.

“Ibadah haji membutuhkan banyak tenaga, jadi jaga kesehatan fisik dan mental agar dapat menjalankan seluruh rukun ibadah dengan baik dan lancar. Saya harap setelah kembali ke Indonesia, semua jemaah mendapatkan predikat haji mabrur,” harap Gus Ipul.

Lebih lanjut, Walikota Pasuruan mengatakan bahwa KBIH dan Kantor Kemenag menyiapkan mobil khusus untuk JCH yang berusia diatas 80 tahun.

“Haji ini harus ramah lansia. Jadi kendaraan khusu lansia disediakan sendiri, sementara yang muda muda atau yang masih kuat naik bus,” jelasnya.

Ketua Forum Komunikasi Bimbingan Ibadaha Haji Kota Pasuruan, Abdulloh Fahmi Salam, berterima kasih kepada Pemkot Pasuruan dan Kementerian Agama atas kolaborasinya dalam mempersiapkan semua kebutuhan jemaah haji Indonesia tahun ini.

“Kolaborasi dan kerjasama pemerintah kali ini luar biasa. Semua kebutuhan jemaah haji telah dipersiapkan dengan matang, termasuk layanan khusus bagi jemaah haji lansia,” puji Fahmi.

Fahmi melihat layanan jemaah haji lansia ini sebagai bukti nyata kehadiran pemerintah dalam mendampingi dan melayani para jemaah haji, khususnya lansia.

“Dengan adanya pendamping khusus, jemaah haji lansia dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman, nyaman, dan tenang,” ujarnya.

Fahmi berharap dedikasi dan kerjasama semua pihak dalam mempermudah proses ibadah haji dapat mengantarkan para jemaah haji Indonesia menuju haji mabrur-mabrurah.

“Semoga semua jemaah haji Indonesia dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar, khusyuk, dan kembali ke tanah air dengan predikat haji mabrur,” tutupnya. (*)

 

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

NU-Muhammadiyah Kompak! Perayaan Idul Adha Tahun ini Bersamaan

9 Juni 2024 - 17:19 WIB 14.2K View

Cuaca Ektrem di Mekkah, Banyak Jemaah Haji Probolinggo Sakit

6 Juni 2024 - 19:58 WIB 20.3K View

Ada Piodalan Mandhara Giri Semeru Agung 2024, Pemkab Lumajang Siap Sukseskan

24 Mei 2024 - 20:45 WIB 39.5K View

Umat Buddha Probolinggo Gelar Ritual Perayaan Waisak, Begini Prosesinya

24 Mei 2024 - 09:13 WIB 50.1K View

Jelang Puncak Perayaan Waisak, Jemaat Klenteng Tri Dharma Mandikan Patung Budha

23 Mei 2024 - 16:41 WIB 58.1K View

Trending di Religi & Pesantren