Bangun Karakter Islami, Ziarah Kubur

KRAKSAAN-PANTURA7.com, SMP FDS Badridduja, Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, punya cara tersendiri untuk membangun karakter islami anak didiknya. Siswa-siswi diajak ziarah ke maqbaroh pesantren yang tersebar di 6 titik berbeda.

Ziarah maqbarah tersebut dilakukan selama 2 hari, yakni Senin – Selasa (20-21/1/2020). Selain siswa-siswi SPM FDS, juga ikut serta siswa-siswi dari SMA Unggulan Badridduja, dengan total peserta sekitar 350an orang.

“Hari pertama, kita menziarahi 3 titik yaitu Maqbaroh Syaikhuna Badri Masduqi di kompleks Masjid Darussalam PP. Badridduja, dan dua kuburan Umum di Gang Karang Juwet dan Gang Krajan, Kelurahan Kraksaan Wetan,” kata Kepala SMP FDS Badridduja, Mohamad Akiddudin, Selasa (21/1/2020).

Sementara di hari kedua, ziarah dilanjutkan pada tiga titik lainnya, yakni Maqbaroh Nyai Hj. Maryamah Ansori di area PP. Al Masdhuqiyah Patokan Kraksaan, serta dua titik di tempat pemakaman umum (TPA) sebelah utara PP. Badridduja. Prosesi ziarah berlangsung khidmat, baik saat pembacaan tahlil maupun do’a.

“Ziarah ini merupakan rentetan acara ulang tahun ke 8 SMP FDS Badridujja dan ke 4 SMA Unggulan Badridduja. Kita lakukan selama dua hari karena ada enam titik yang harus dikunjungi,” jelas Akiduddin.

Siswa SMP FDS Badridduja, saat menziarahi maqbaroh. Kegiatan tersebut dijadikan sebagai cara untuk membangun karakter islami. (Foto : ist)

Ziarah maqbaroh, menurut Akiduddin, bertujuan untuk menanamkan karakter islami bagi peserta didik di SMP FDS dan SMA Unggulan Badridujja. “Ingat, bahwa ada kehidupan setelah kehidupan di dunia. Oleh karenanya, karakter islami harus dimiliki oleh seluruh peserta didik,” tuturnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  PMII Probolinggo Bantu Palu dan Donggala

Baca Juga

Selisih Dua Hari, Jemaah Aboge Probolinggo Rayakan Idul Fitri Jumat

Probolinggo,- Berbeda dengan pemerintah dan Muhammadiyah yang telah ber-Idul Fitri 1445 Hijriyah pada Rabu (10/4/24) …