Menu

Mode Gelap

Politik

Gus Mujib jadi Bakal Calon Bupati Pasuruan, Gus Irsyad Justru Tinggalkan PKB


badge-check

Reporter: 

17 Mei 2024 23:47 WIB 49.1K View ·


					MUNDUR: Irsyad Yusuf atau Gus Irsyad, saat mengumumkan pengundursn diri sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pasuruan. (foto: Moh. Rois) Perbesar

MUNDUR: Irsyad Yusuf atau Gus Irsyad, saat mengumumkan pengundursn diri sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pasuruan. (foto: Moh. Rois)

Pasuruan,- Mantan Bupati Pasuruan dua periode, Irsyad Yusuf, yang akrab disapa Gus Irsyad, mengundurkan diri sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pasuruan.

Pengumuman pengunduran diri itu disampaikan Gus Irsyad dalam Halal Bihalal dan Pendidikan Politik Pemilukada 2024 yang digelar di Pendopo Kantor DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Jumat (17/5/24) siang.

“Perkenankan saya menyampaikan pengumuman, dengan ini saya mengundurkan diri sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan,” kata Gus Irsyad dalam pidatonya.

Menurut Gus Irsyad, pengunduran dirinya ini tidak ada kaitannya dengan apapun Ia menegaskan, keputusan itu merupakan bentuk loyalitas dan ketaatannya kepada pimpinan pusat PKB.

Sebab, saat menerima Surat Keputusan (SK) sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Gus Irsyad menandatangani fakta integritas yang mengharuskan dia mencapai target perolehan kursi di Pemilu 2014 sebanyak 18 kursi.

Namun, capaian tersebut tidak terpenuhi. Pada Pemilu 2024, PKB Kabupaten Pasuruan hanya memperoleh 14 kursi.

“Saksinya saat saya menandatangani adalah Mas Dion, jadi ini jangan diartikan macam-macam. Karena diminta atau tidak saya akan turun langsung untuk memenangkan KH Mujib Imron sebagai Bupati Pasuruan,” jelas Gus Irsyad.

Gus Irsyad menyebut, surat pengunduran dirinya itu sudah dikirim ke DPP PKB di Jakarta. “Meskipun saya mundur sebagai ketua DPC PKB, tetapi saya masih kader partai,” imbuh dia.

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Kabupaten Pasuruan, M. Sudiono Fauzan, mengaku kaget dengan pengumuman tersebut. Ditengah persiapan Pilkada 2024, Gus Irsyad mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan.

Sudiono menjelaskan, pengunduran diri Gus Irsyad bukan karena ingin melemahkan persiapan menjelang pilkada, melainkan bentuk tanggung jawabnya sebagai ketua DPC yang telah menandatangani fakta integritas.

“Beliau menegaskan siap memenangkan calon Bupati Pasuruan yang direkomendasikan DPP PKB yaitu KH Mujib Imron atau Gus Mujib,” cetus Sudiono.

Ketika ditanya mengenai siapa yang akan menggantikan posisi ketua DPC PKB selanjutnya, Sudiono menyatakan bahwa hal tersebut sepenuhnya diserahkan kepada DPP PKB karena merupakan kewenangan pengurus pusat.

“Untuk sementara dipimpin oleh dewan syuro,” tandas politisi yang juga Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan ini. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch Rochim

Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Komisioner Baru KPU Kota Probolinggo Resmi Dilantik, Radfan Faisal Jadi Ketua

15 Juni 2024 - 17:23 WIB 11.4K View

Yukh, Buruan Daftar! KPU Kota Probolinggo Butuh 656 Orang Pantarlih

13 Juni 2024 - 18:31 WIB 60K View

Pemkot Probolinggo Bagi-bagi Hibah Banpol, Parpol Mana Saja yang Kecipratan?

11 Juni 2024 - 15:57 WIB 54.9K View

Pilkada 2024, Jumlah TPS Kota Pasuruan Berkurang Dibanding Pemilu

10 Juni 2024 - 21:48 WIB 31.3K View

Jumlah TPS Pilkada 2024 di Kota Probolinggo Menyusut 50 Persen

10 Juni 2024 - 18:26 WIB 44.4K View

Trending di Politik