Menu

Mode Gelap
Kantor Baru Bawaslu Kota Probolinggo Segera Direnovasi dan Ditempati Mau Kuliah S-2 Pendidikan Agama Islam? di UNZAH Genggong Aja Jos! Jumlah Penduduk Miskin di Lumajang Turun Hingga 8,65 Persen Tak Anti Kritik, Gus Haris – Ra Fahmi Buka Dialog Forum Publik, Ribuan Jamaah Curhat Akar Rumput Desak DPP PDI-P Berikan Rekomendasi Pilkada Probolinggo ke Cakada yang Diterima Masyarakat Pecah Kongsi dengan Cak Thoriq di Pilkada Lumajang, Bunda Indah Beberkan Alasannya

Politik · 17 Mei 2024 23:47 WIB

Gus Mujib jadi Bakal Calon Bupati Pasuruan, Gus Irsyad Justru Tinggalkan PKB


					MUNDUR: Irsyad Yusuf atau Gus Irsyad, saat mengumumkan pengundursn diri sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pasuruan. (foto: Moh. Rois) Perbesar

MUNDUR: Irsyad Yusuf atau Gus Irsyad, saat mengumumkan pengundursn diri sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pasuruan. (foto: Moh. Rois)

Pasuruan,- Mantan Bupati Pasuruan dua periode, Irsyad Yusuf, yang akrab disapa Gus Irsyad, mengundurkan diri sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pasuruan.

Pengumuman pengunduran diri itu disampaikan Gus Irsyad dalam Halal Bihalal dan Pendidikan Politik Pemilukada 2024 yang digelar di Pendopo Kantor DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Jumat (17/5/24) siang.

“Perkenankan saya menyampaikan pengumuman, dengan ini saya mengundurkan diri sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan,” kata Gus Irsyad dalam pidatonya.

Menurut Gus Irsyad, pengunduran dirinya ini tidak ada kaitannya dengan apapun Ia menegaskan, keputusan itu merupakan bentuk loyalitas dan ketaatannya kepada pimpinan pusat PKB.

Sebab, saat menerima Surat Keputusan (SK) sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Gus Irsyad menandatangani fakta integritas yang mengharuskan dia mencapai target perolehan kursi di Pemilu 2014 sebanyak 18 kursi.

Namun, capaian tersebut tidak terpenuhi. Pada Pemilu 2024, PKB Kabupaten Pasuruan hanya memperoleh 14 kursi.

“Saksinya saat saya menandatangani adalah Mas Dion, jadi ini jangan diartikan macam-macam. Karena diminta atau tidak saya akan turun langsung untuk memenangkan KH Mujib Imron sebagai Bupati Pasuruan,” jelas Gus Irsyad.

Gus Irsyad menyebut, surat pengunduran dirinya itu sudah dikirim ke DPP PKB di Jakarta. “Meskipun saya mundur sebagai ketua DPC PKB, tetapi saya masih kader partai,” imbuh dia.

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Kabupaten Pasuruan, M. Sudiono Fauzan, mengaku kaget dengan pengumuman tersebut. Ditengah persiapan Pilkada 2024, Gus Irsyad mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan.

Sudiono menjelaskan, pengunduran diri Gus Irsyad bukan karena ingin melemahkan persiapan menjelang pilkada, melainkan bentuk tanggung jawabnya sebagai ketua DPC yang telah menandatangani fakta integritas.

“Beliau menegaskan siap memenangkan calon Bupati Pasuruan yang direkomendasikan DPP PKB yaitu KH Mujib Imron atau Gus Mujib,” cetus Sudiono.

Ketika ditanya mengenai siapa yang akan menggantikan posisi ketua DPC PKB selanjutnya, Sudiono menyatakan bahwa hal tersebut sepenuhnya diserahkan kepada DPP PKB karena merupakan kewenangan pengurus pusat.

“Untuk sementara dipimpin oleh dewan syuro,” tandas politisi yang juga Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan ini. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch Rochim

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kantor Baru Bawaslu Kota Probolinggo Segera Direnovasi dan Ditempati

27 Juli 2024 - 16:02 WIB

Tak Anti Kritik, Gus Haris – Ra Fahmi Buka Dialog Forum Publik, Ribuan Jamaah Curhat

27 Juli 2024 - 11:46 WIB

Akar Rumput Desak DPP PDI-P Berikan Rekomendasi Pilkada Probolinggo ke Cakada yang Diterima Masyarakat

27 Juli 2024 - 09:41 WIB

Pecah Kongsi dengan Cak Thoriq di Pilkada Lumajang, Bunda Indah Beberkan Alasannya

26 Juli 2024 - 22:44 WIB

Laporan LHKPN Tuntas, 30 Caleg Terpilih di Kota Probolinggo Siap Dilantik

25 Juli 2024 - 18:43 WIB

Trending di Politik