PENJARINGAN: Pengumuman pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Bakal Calon Wakil Walikota oleh DPC PKB Kota Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani).

Cari Pendamping Habib Hadi, PKB Kota Probolinggo Buka Pendaftaran Balon Walikota-Wakil Walikota

Probolinggo,- Setelah PDI Perjuangan dan Partai Nasdem, giliran PKB yang membuka pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Bakal Calon Wakil Walikota Probolinggo. Namun meski membuka pendaftaran, PKB Kota Probolinggo tetap akan mengusung Habib Hadi Zainal Abidin sebagai Bakal Calon Walikota.

Ketua DPC PKB Kota Probolinggo, Abdul Mujib mengatakan, PKB Kota Probolinggo mulai Minggu (5/05/24), telah resmi membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) Walikota dan Bakal Wakil Walikota Probolinggo.

Pembukaan pendaftaran ini berdasarkan surat keputusan yang diterbitkan oleh DPP PKB. Namun ada perlakuan khusus bagi Kota Probolinggo dimana DPC PKB sebelumbu telah berhasil mengusung bakal calon Walikota hingga menjadi Walikota terpilih.

Dengan kondisi itu, dijelaskan Mujib, maka Habib Hadi Zainal Abidin masih sangat memungkinkan untuk melanjutkan periode kedua kepemimpinannnya di Kota Probolinggo melalui rekomendasi PKB.

“Namun demikian pendaftaran yang dibuka oleh DPC PKB ini menitikberatkan Bakal Calon Wakil Walikota untuk mendampingi Habib Hadi Zainal Abidin maju di Pilkada Kota Probolinggo,” ujar Mujib.

Mujib menyebut, PKB sendiri mencari figur atau kriteria calon Wakil Wali Kota yang memiliki kesamaan visi misi baik dengan PKB ataupun calon kepala daerah yang diusung partai berlambang bumi nusantara dengan sembilan bintang itu.

Selain itu, PKB juga akan mengkaji kekuatan dan kelemahan Bakal Calon Wakil Walikota sebagai bahan pertimbangan sebelum resmi disandingkan dengan Bakal Calon Walikota.

Nantinya, Bakal Calon Wakil Walikota yang mendaftar akan menjalani uji kompentensi, dan kepatutan oleh DPP PKB. Baru setelahnya, DPP PKB memutuskan untuk memberikan rekomendasi atau tidak.

“Kita tidak umumkan penutupan pendaftarannya, bahkan sampai H-3 pendaftaran tetap kita buka dalam rangka memaksimalkan potensi kader-kader yang nantinya mendampingi Habib Hadi Zainal Abidin nanti,” imbuhnya. (*)

Baca Juga  Sarbumusi Probolinggo Ingatkan KPU Profesional dalam Rekrutmen PPK, ini Temuannya 

 

 

Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Delapan Parpol Non Parlemen Merapat, Gus Haris: Mari Bersama-sama Membangun Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Delapan partai politik (parpol) non parlemen membangun komunikasi politik dan menyatakan dukungannya kepada Bakal …