Pilkades Digelar 2023

Probolinggo – Pemerintah Kabupaten Probolinggo berencana akan melangsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 2023 mendatang. Hal ini sudah terencana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 yang disahkan beberapa waktu yang lalu.

Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Muda pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Muhammad Idris mengatakan, terdapat tiga desa yang tertunda pada Pilkadesnya dan satu desa yang batal melantik kepala desanya pada Pilkades Februari lalu. Sehingga, keempat desa ini sampai sekarang masih dipimpin oleh Penjabat Kepala Desa (Pj Kades).

Dijelaskannya, keempat desa tersebut ialah Desa Kerpangan Kecamatan Leces, dan Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran. Pilkades di dua desa itu ditunda lantaran salah satu dari dua calon kepala desa (cakades) meninggal dunia sebelum pemilihan. Sementara di Desa Randuputih Kecamatan Dringu, semua cakades mengundurkan diri.

Kemudian, Kepala Desa terpilih dari Desa Alassapi, Kecamatan Banyuanyar atas nama Ahmadi meninggal dunia sebelum dilantik.

“Empat ini tertunda karena beberapa dinamika. Pelaksanaannya direncanakan tahun depan, namun terkait tanggal pastinya, kami masih menunggu petunuk dari pimpinan,” katanya, Rabu (14/12/2022).

Idris menjelaskan, pimpinan yamg dimaksud bukan hanya kepala daerah Kabupaten Probolinggo, namun juga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sehingga, pihaknya juga harus menunggu izin dari kemendagri untuk pesta demokrasi di tingkat desa ini.

“Pimpinan bukan hanya bupati, tapi juga Kemendagri. Karena nanti akan ada monitorium dari Kemendagri, mengingat pada tahun depan juga ada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada, Red.).,” ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini di Kabupaten Probolinggo terdapat enam desa yang dipimpin oleh Pj Kades. Selain empat desa di atas terdapat Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton yang kadesnya meninggal dunia pada awal Oktober lalu.
Sebulan kemudian atau pada awal November lalu, Kades Penambangan, Kecamatan Pajarakan yang meninggal dunia. Kedua kades tersebut terpilih pada Pilkades Februari lalu dan posisinya kini dijabat Pj Kades untuk membangun desa. (*)

Baca Juga  Harga Cabai Rawit Terjun Bebas Rp10 Ribu/Kg, Petani Mengaku Rugi

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Gus Mujib jadi Bakal Calon Bupati Pasuruan, Gus Irsyad Justru Tinggalkan PKB

Pasuruan,- Mantan Bupati Pasuruan dua periode, Irsyad Yusuf, yang akrab disapa Gus Irsyad, mengundurkan diri …