NORMALISASI: Proses normalisasi sungai yang dilakukan Pemkab Lumajang. (foto: Asmadi).

Cegah Banjir, Pemkab Lumajang Gencarkan Normalisasi Sungai

Lumajang,- Untuk mempercepat penanganan korban banjir, Sungai Kali Asem di Kelurahan Rogoturunan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang mulai dinormalisasi.

Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengatakan, normalisasi yang mulai dilakukan, Kamis (25/4/2024) itu bertujuan agar banjir yang menimpa kawasan bantaran Sungai Kali Asem tidak terjadi lagi.

“Normalisasi sungai kali asem ini sudah dilakuka sejak kemarin. Percepatan pelayanan harus dilakukan, demi kenyamanan masyarakat,” kata Yuyun , sapaan akrab Indah Wahyuni, Jumat (26/4/2024).

Namun, normalisasi kali ini tidak menggunakan alat berat. Sebab alat berat yang tersedia masih digunakan untuk normalisasi kawasan lereng Gunung Semeru, yang diporak-porandakan banjir lahar hujan Gunung Semeru, Kamis (18/4/2024).

“Kebutuhan untuk normalisasi sudah siap, tapi masih menuju ke hulu terlebih dahulu. Insya-Allah, kami akan segera mengerahkan alat berat ini ke kawasan sungai kali asem,” papar dia.

Normalisasi ini, imbuhnya, pengerjaannya ditargetkan selesai selama 4 bulan. Pasalnya, sungai yang membentang di kawasan perkotaan tersebut perlu diperhatikan, mengingat banjir bisa terjadi kapan saja.

“Target kami, empat bulan normalisasi Kali Asem sudah selesai. Sebab, kalau dibiarkan terlalu lama sangat membahayakan warga sekitar. Banjir bisa kapan saja terjadi, tanpa kita ketahui dan tanpa kita sadari,” pungkas dia. (*)

 

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …