MERESAHKAN: Keberadaan tawon Vespa Afinis di pohon di Kota Probolinggo membuat resah, bahkan berujung sengatan mematikan. (foto: Hafiz Rozani).

Apes! Dua Warga Kota Probolinggo Disengat Tawon Vespa saat Pangkas Ranting Pohon

Probolinggo,- Apes menimpa Poniman (40), Selasa (2/04/24). Ia disengat tawon Vespa Afinis saat memotong ranting pohon di Jl. Sunan Kalijaga, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Informasi yang dihimpun, kejadian ini bermula saat Poniman, warga Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, memangkas ranting pohon di pekarangan belakang rumah milik Asit Warsono (61), sekitar pukul 9.00 WIB.

Selang 5 menit usai memangkas ranting pohon mangga, Poniman yang berada di atas pohon tiba-tiba tersengat tawon vespa. Tak hanya 1 sengatan, Poniman bahkan mendapat 25 sengatan.

“Saat memangkas ranting, Poniman yang ada di atas tiba-tiba diserang tawon. Untungnya, Poniman tak sampai terjatuh, dia berhasil turun,” ujar pemilik rumah, Asit Wartono.

Apes bagi Asit, saat hendak menolong Poneman, tawon vespa juga menyengatnya hingga 8 sengatan. Karena keduanya kesakitan, keluarga kemudian membawa Asit dan Poneman ke Puskesmas Jati.

Namun karena butuh penanganan ekstra, keduanya di rujuk ke RSUD dr. Moh Saleh. Setelah 4 jam mendapatkan perawatan medis, pihak rumah sakit akhirnya memperbolehkan keduanya rawat jalan.

“Rasanya panas, saat itu saya mendapat 8 sengatan mulai kaki hingga di leher. Setelah itu, kemudian saya laporkan adanya sarang tawon vespa tersebut ke petugas Pemadam Kebakaran,” imbuh Asit.

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Probolinggo yang mendapat laporan kemudian mendatangi lokasi dan mengeksekusi sarang tawon vespa di pohon mangga sekitar pukul 21.00 WIB.

Karena lokasi yang agak sulit, petugas Damkar lalu mengeksekusi sarang tawon ini dengan cara dibakar.

“Alhamdulillah, sarang tawon yang sempat menyengat dua orang berhasil kita eksekusi dengan cara di bakar, karena lokasi sarang tawonnya sangat sulit,” ujar Kasi Damkar Kota Probolinggo, Abdullah. (*)

Baca Juga  Nyalip lalu Terjatuh, Pemotor Terlindas Truk Ekspedisi di Jalur Pantura Kraksaan

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Setelah 6 Jam, Amukan Si Jago Merah di GM Plaza Lumajang Berhasil Dipadamkan

Lumajang,- Setelah 6 jam lebih, api yang membakar pusat perbelanjaan Graha Mulya (GM) Plaza di …