SIAP: Sejumlah bus parkir di shelter keberangkatan Terminal Bayuangga Kota Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani).

Jelang Arus Mudik, Terminal Bayuangga Intenskan Pengecekan Armada Bus

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknik (UPT) Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah siap menyambut arus mudik dan arus balik yang akan berlangsung beberapa hari ke depan.

Selain telah melakukan ramp check yang dilakukan internal terminal, juga telah berkoordinasi dengan perusahaan bus untuk penambahan armada.

Kepala UPT Terminal Bayuangga, Budi Harjo mengatakan, beberapa hari dimulainya arus mudik H-7, pihaknya intens melakukan ramp check armada bus yang masuk ke Terminal Bayuangga.

“Untuk ramp check armada bus kita lakukan setiap hari khususnya menjelang dimulainya arus mudik. Selain itu, armada bus yang kami lakukan ramp check ini yang tiap hari beroperasi,” ujar Budi, Sabtu (30/3/24).

Adapun ramp check yang dilakukan mulai dari pengereman, pengecekan ban kendaraan, hingga kelengkapan kendaraan, dan keselamatan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan penumpang bus.

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan balik, UPT Terminal Bayuangga telah berkoordinasi dengan Organda, serta sejumlah perusahaan bus.

Jal ini dilakukan jika ada penumpukan penumpang, maka perusahaan bus bisa menambah armadanya.

“Diprediksi mulai padatnya arus mudik ini terjadi pada H-3 dan kepadatan arus balik terjadi pada H+3,” ujarnya.

Budi mengungkapkan, meski saat ini telah banyak program mudik gratis yang digelar oleh swasta atau instansi pemerintah, namun tidak begitu mempengaruhi lonjakan penumpang di terminal.

“Tidak begitu pengaruh, lonjakan penumpang di terminal diprediksi akan tetap ada saat arus mudik dan arus balik lebaran meski ada program mudik gratis,” Budi memungkasi. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochimñń

Baca Juga  Soal Kesulitan Warga Dapatkan Elpiji, Ini Solusi Pemkab Probolinggo

Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …