SIMBOL TOLERANSI: Pawai Ogoh-ogoh di Lereng Semeru Lumajang jadi simbol kuatnya toleransi antar umat beragama di kawasan tersebut. (foto: Asmadi).

Pawai Ogoh-ogoh di Lereng Semeru jadi Simbol Kuatnya Toleransi di Lumajang

Lumajang,- Pawai ogoh-ogoh menjelang perayaan Hari Raya Nyepi yang dilakukan oleh umat Hindu di lereng Gunung Semeru, menjadi simbol kuatnya toleransi antar umat beragama Kabupaten Lumajang.

Hal itu diungkapkan oleh Rendi (29) salah seorang muslim, yang ikut membantu mengarak ogoh-ogoh di kawasan Pura Madaragiri Semeru Agung, Desa/Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Minggu (10/3/24) malam.

Dengan adanya pawai ogoh-ogoh ini, kata Rendy, membuat sejumlah umat Islam dan penganut agama Kristen, bahu-membahu membantu kerabat dan tetangganya yang beragama Hindu mengarak ogoh-ogoh keliling desa.

“Dari sinilah, toleransi kita terlihat, disinilah kerukunan antar umat beragama terbina. Kabupaten Lumajang adalah suatu daerah yang penuh dengan toleransi antar umat beragama yang kuat,” kata Rendi.

Rendi menjelaskan, saat arak-arakan ogoh-ogoh ini, bukan hanya TNI-Pri yang membantu menjaga keamanan. Barisan Ansor Serbaguna (Banser) juga ikut menjaga keamanan dan ketertiban.

“Inilah kami, warga Lumajang yang selalu siap bahu-membahu dan bergotong-royong untuk menjaga toleransi kita,” tegasnya.

Ketua Pengurus Harian Pura Mandara Giri Semeru Agung Wira Dharma mengatakan, toleransi antar umat beragama di Kecamatan Senduro sudah lama terbangun dengan baik.

“Jadi yang ikut pawai ogoh-ogoh ada dari saudara-saudara kita yang beragama Islam, yang ikut mengarak sekaligus membuat ogoh-ogohnya,” terang Wira.

Wira mengatakan, ia melihat ada potensi penguatan sektor ekonomi dengan melalui UMKM masyarakat dalam perayaan Hari Raya Nyepi, khususnya saat ogoh-ogoh diarak berkeliling desa.

“Dengan adanya kegiatan ini, tentu harapannya ada nilai ekonomi, nilai wisata, dan juga nilai ritual,” pungkas dia. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Sambut HSN, Santri Genggong Adu Kreatifitas Mading 3D

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …