BELUM SURUT: Banjir yang menerjang 3 kecamatan di Kabupaten Pasuruan belum sepenuhnya surut. (foto: Moh. Rois).

Awet! Banjir yang Merendam 3 Kecamatan di Pasuruan Belum Surut

Pasuruan,- Banjir yang melanda sejumlah desa di wilayah Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, masih belum surut hingga hari Minggu (10/3/2024) siang ini.

Tim dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) turun langsung dengan alat berat untuk membersihkan sisa material yang menyumbat jembatan sungai di Winongan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi menjelaskan, upaya penanganan telah dilakukan dengan menurunkan alat berat dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk membersihkan sumbatan tersebut.

Sebab, menurut Sugeng, saat banjir terjadi, Sabtu (8/3/2024), air dari hulu sungai sangat deras dan membawa material kayu yang menyumbat jembatan di Kecamatan Winongan.

“Kami berkoordinasi dengan dinas SDA untuk segera membersihkan sumbatan tersebut guna menghindari luapan air yang lebih parah,” ujar Sugeng.

Ia menambahkan, BPBD Kabupaten Pasuruan dan Dinas Sosial telah mendirikan dapur umum sejak kemarin malam untuk menyuplai makanan kepada warga yang terdampak banjir.

“Kami juga mendirikan dapur umum di desa-desa yang terkena dampak banjir,” imbuh Sugeng.

Di Kabupaten Pasuruan, wilayah yang terdampak banjir, meliputi 3 kecamatan. Meliputi Kecamatan Winongan, Grati, dan Rejoso.

Pantauan di lokasi, meskipun banjir di wilayah Winongan mulai surut, namun masih ada beberapa wilayah yang tergenang air. Warga setempat pun sibuk membersihkan sisa material lumpur.

Banjir ini merupakan banjir susulan dengan lumpur yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Ketinggian air mencapai 30 hingga 100 sentimeter lebih. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  20 Hektare Lahan Kelapa Diserang Ulat, Petani di Tempursasi Resah

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …