SERUKAN PERSATUAN: Ketua MUI Jatim, KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah. (foto: dok).

Pasca Pemilu, MUI Jatim Imbau Masyarakat Kembali Bersatu

Probolinggo,- Proses pemungutan suara untuk Pemilu 2024 telah selesai dilaksanakan, Rabu (14/2/2024) lalu. Pasca pemilu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur mengimbau agar warga kembali bersatu demi menjaga kerukunan bermasyarakat.

Ketua MUI Jawa Timur, KH. Moh Hasan Mutawakkil Alallah mengatakan, dalam urusan politik, berbeda pendapat merupakan hal yang lumrah terjadi.

Namun menurutnya, menjalin silaturrahim jauh lebih penting daripada urusan politik. “Berbeda pilihan politik itu biasa. Tapi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini, jauh lebih penting,” kata Kiai Mutawakkil, Jumat (23/2/2024).

 

Ia menilai, proses penyelenggaraan pemilu kali ini sudah berjalan lancar dan damai. Tak ada satupun proses pemungutan maupun penghitungan suara yang tidak diikuti oleh saksi dari masing-masing kontwatan )baik Pilpres, Pileg pun DPD.

“Oleh karena itu, kami imbau masyarakat agar tidak terpancing pada isu-isu atau hoaks yang justru bisa menimbulkan kekeruhan keadaan,” ujar ulama kharismatik ini.

Kiai Mutawakkil menyebut, kalau pun ada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu, hal tersebut bisa diproses dalam ranah hukum sesuai regulasi yang ada.

Menurutnya yang terpenting, masyarakat bisa kembali bersatu demi Indonesia meski berbeda pilihan dalam pemilu.

“Ayo hormati hasilnya, serahkan saja kalau diduga ada pelanggaran ke ranah hukum, ada MK. Tidak usah gaduh-gaduh, sudah ada sistem yang mengatur,” pesannya.

Pengasuh pesantren Zainul Hasan Genggong Pajarakan ini berharap, kepada para calon yang nantinya ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang, semoga bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik kedepannya.

“Semoga bisa membawa bangsa ini semakin maju, yang mendapat limpahan rahmat dari Allah,” pungkas mantan Ketua PWNU Jawa Timur ini. (*)

 

Penulis: Ali Ya’lu

Baca Juga  Dua Bapaslon Pilwali Pasuruan Jalani Tes Medis, Bagaimana Hasilnya?

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher:

Baca Juga

Sengketa Pilpres Usai, KPU Kab. Probolinggo Tunggu Rilis Hasil Pileg

Probolinggo,- Adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilihan presiden dan wakil presiden, membuat Perselisihan …