CEK KESEHATAN: Petugas medis mengecek kesehatan anggota TNI-Polri maupun penyelenggara pemilu. (Foto: Hafiz Rozani).

Antisipasi Kelelahan, Petugas PAM Pemilu hingga PPK Jalani Cek Kesehatan

Probolinggo,- Untuk mengantisipasi petugas yang PAM pemilu kelelahan, tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, Biddokes Polres Probolinggo, dan Detasemen Kesehatan TNI melakukan pemeriksaan kesehatan, Jum’at (16/2/24).

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan petugas gabungan dilakukan di 5 titik berbeda di kecamatan. Yakni di tempat penyimpanan logistik Pemilu pasca pemungutan suata di TPS.

Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol M. Lutfi mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini difokuskan kepada petugas mulai dari TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, dan petugas PPK.

Mereka sejak kemarin melakukan pengamanan kotak suara mulai dari TPS hingga saat tiba di kantor kecamatan.

“Kami lakukan pemeriksaan kesehatan karena petugas gabungan ini terus bekerja mulai menjaga, hingga melakukan perhitungan yang dimulai saat pemungutan suara, sampai nanti perhitungan suara tingkat KPU,” ujar Lutfi.

Pemeriksaan kesehatan ini untuk mengantisipasi kelelahan pada petugas dan anggota PPK. Jik tidak dicek, khawatir mereka langsung drop dan dirawat seperti yang terjadi saat pemungutan suara tanggal 14 Februari kemarin.

“Dengan pemeriksaan kesehatan ini, diharapkan baik petugas pengamanan, hingga petugas PPK kesehatannya tetap terjaga hingga seluruh proses rekapitulasi selesai,” imbuhnya.

Sekregaris Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, dr Ike Yuliana mengatakan, sebelum tahapan pemungutan suara, Dinkes dan P2KB Kota Probolinggo melakukan skrining kesehatan bagi petugas KPPS, serta .elakukan pemeriksaan kesehatan saat pemungutan suara dengan mendatangi TPS.

“Pemeriksaan kesehatan hari ini merupakan evaluasi dari pemeriksaan sebelumnya yang mana diketahui hasil petugas rata-rata kelelahan, pusing, dan mual,” ujarnya.

Hingga saat ini, imbuhnya, terdapat 5 kasus gangguan kesehatan akibat pemilu di Kota Probolinggo. Empat petugas KPPS harus mendapat perawatan di rumah sakit setelah kondisinya drop.

Sementara satu saksi parpol meninggal dunia hanya beberapa jam usai penghitungan suara. Korban diduga meninggal akibat kelelahan.

Baca Juga  Partai Golkar dan PKS Bertemu, Sepakat Bangun Kota Probolinggo

“Agar petugas keamanan dan petugas PPK tetap dalam kondisi sehat saat melakukan perhitungan suara, saya mengimbau untuk banyak minum air putih, istirahat cukup, dan sering olahraga,” dr. Ike. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahnudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Gelar Rakercab, Gerindra Lumajang Sepakati Bunda Indah Maju Bacabup

Lumajang,- Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Dewan Pimpinan Cabang (PDC) Partai Gerindra Kabupaten Lumajang, sepakat mengusung …