COBLOS: Kepala Rutan Kraksaan, Alzuarman menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024. (foto: Ali Ya'lu).

Prabowo – Gibran Menang Telak di Rutan Kraksaan

Probolinggo,- Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, menang telak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Rutan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

TPS Rutan Kraksaan merupakan satu dari 20 TPS Lokasi Khusus (Loksus) yang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo.K

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang terdaftar sebagai TPS Nomor 901, Sanugu mengatakan, dalam rutan Kraksaan saat ini dihuni oleh 379 warga binaan. Namun yang terdata sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) hanya 188 warga.

“Sementara terdapat 171 yang terdata sebagai DPTb (Daftar Pemilih Tambahan, Red). DPTb ini nyoblosnya di TPS reguler, yang ada di sekitar sini, tadi petugasnya sudah ke sini,” katanya, Rabu (14/2/2024).

Sementara 20 warga binaan tidak mendapatkan hak suara lantaran domisilinya berada di luar provinsi. Sehingga, pengurusan perpindahan untuk menggunakan hak suaranya mengalami kendala.

Sanugu yang juga Kasubsi Pelayanan Tahanan pada Rutan Kraksaan ini menjelaskan, setelah dilakukan penghitungan suara, pasangan dengan nomor urut 02 unggul mutlak.

Pasangan Prabowo – Gibran berhasil mendulang suara hampir enam kali lipat dari pesaing terdekatnya.

Ia merinci, pasangan 02 berhasil mendapatkan 143 suara. Selanjutnya, pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD memperoleh sebanyak 27 juara.

Sementara pasangan Anies R. Baswedan – Muhaimin Iskandar hanya memperoleh 13 suara.

“Terdapat juga dua surat suara yang tidak sah,” ujarnya.

Selain jumlah suara itu, juga ditemukan tiga surat suara yang rusak. Sehingga, tiga warga binaan tidak bisa menggunakan hak suaranya.

“Iya, yang tiga rusak, makanya nanti akan kami buatkan berita acaranya untuk disampaikan ke KPU,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Pemilu 2024: Bawaslu Tingkatkan Pengawasan Politik Uang dan Sembako di Masa Tenang

Baca Juga

Cak Thoriq – Bunda Indah Berpotensi Pecah Kongsi di Pilkada 2024, PKB: Wajar

Lumajang,- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Lumajang, Anang Achmad Syaifuddin …