CINTA DAMAI: Gus dr. Haris (tengah, menyalami warga) saat silaturrahim dengan masyarakat Tengger Bromo, beberapa waktu lalu. (foto: FB Harris Mohd).

Jelang Pencobolosan, Gus Haris Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai

Probolinggo,- Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024, Gus dr Mohamad Haris Damanhuri, pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo, mengajak warga, khususnya wilayah Probolinggo Raya, untuk menjaga kedamaian dan kondusivitas.

Gus Haris, begitu ia biasa dipanggil, menekankan pentingnya menghormati pilihan masing-masing orang dan menciptakan pemilu yang jujur serta adil.

“Kita hormati pilihan masing-masing orang, kita ciptakan pemilu yang jujur dan adil,” ucap Gus Haris, Minggu (11/2/24).

Ajakan ini, menurutnya, bukan hanya seruan moral, tetapi juga sebuah pengingat akan pentingnya memelihara nilai-nilai demokrasi yang sehat dan konstruktif.

Dalam periode kritis ini, sambung Gus Haris, setiap tindakan yang dapat mengganggu keamanan, ketertiban, dan kedamaian harus dihindari.

Menjaga persatuan dan kesatuan serta serta suasana damai, bukan hanya tanggung jawab aparat keamanan, tetapi juga seluruh elemen bangsa, yakni masyarakat dalam kapasitasnya masing-masing.

“Mari jaga bersama-sama Jawa Timur umumnya dan Probolinggo khususnya dari tindakan yang bisa merusak keamanan, ketertiban, dan kedamaian yang tercipta selama ini,” pesannya.

“Dengan menghormati pilihan masing-masing orang dan bekerja sama menjaga kondusivitas wilayah, Jawa Timur dan khususnya Probolinggo Raya, dapat menunjukkan kepada Indonesia bahwa pemilu bisa dilaksanakan dengan damai, jujur, dan adil,” pungkasnya.

Pesan moral dari tokoh kharismatik ini, diharapkan bisa menjadi oase ditengah hiruk-pikuk dan ‘panasnya’ gesekan antar kontestan pemilu, yang sudah berlangsung sejak 3 bulan terakhir. (*)

 

 

Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Pasca Perbaikan, BCAD di Kab. Probolinggo Sisakan 609 Orang

Baca Juga

Antisipasi Kerawanan Jelang Pilkada, Anggota Linmas Jalani Pelatihan

Probolinggo,- Puluhan petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kelurahan Wonoasih, Kota Probolinggo, Rabu (24/4/24) mendapat pelatihan dari …