TIBA: Sejumlah jemaah haji kembali bertemu dengan keluarganya setelah melaksanakan ibadah haji 2023 lalu. (Foto: Ali Ya'lu)

Besok Terakhir, Baru 761 CJH Kabupaten Probolinggo Lunasi BIPIH

Probolinggo,- Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) untuk tahun 1445 H/2024 M tersisa satu hari lagi atau sampai tanggal 12 Februari besok.

Sejak dibuka pada 10 Januari lalu, masih banyak calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Probolinggo yang belum melakukan pelunasan.

“Update sementara sebanyak 761 yang sudah lunas,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, Taufieq, Minggu (11/2/2024).

Ia mencatat, Kabupaten Probolinggo mendapatkan kuota sebanyak 1.096 untuk pemberangkatan haji tahun ini. Hal itu merupakan jumlah total CJH yang masuk kategori kuota berhak lunas tahun ini, kuota lansia, dan kuota cadangan.

“Tapi untuk berapa kepastiannya kuota finalnya, masih menunggu keputusan presiden,” ujarnya.

Ia pun menyebut, sebelum melakukan pelunasan, CJH terlebih dahulu harus mempunyai keterangan istitha’ah kesehatan. Sementara, yang sudah lulus isthita’ah kesehatan jumlahnya mencapai 816 CJH.

“Untuk pelunasan besok terakhir dan syaratnya harus isthitha’ah. Tapi ini pelunasan tahap I,” ujarnya.

Dengan demikian, bagi CJH yang belum dapat melakukan pelunasan pada tahap I, masih memiliki kesempatan untuk melakukan pelunasan pada tahap II.

Ia berharap, para CJH bisa segera melengkapi syarat isthitha’ah kesehatan agar dapat segera melakukan pelunasan.

“Kalau tahap I ini tidak ada kebijakan untuk memperpanjang, maka pelunasan bisa dilakukan pada tahap II. Jadwalnya tanggal 5-26 Maret,” ungkapnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Agung Wahyudi

Baca Juga  Pemuda Leces Daftar Haji dari Hasil ‘Ngamen’, Khofifah pun Takjub

Baca Juga

Demi Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Pemuda ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer

Probolinggo,- Pesantren Zainul Hasan (PZH) Gengggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, menggelar haul KH. Muhammad Hasan Genggong …