ANEH! Pemilik rumah, Nur Anta Maulana, saat mengecek salah satu sudut rumah yang keluarkan hawa panas. (foto: Hafiz Rozani)

Terungkap, Ternyata ini Penyebab Hawa Panas di Teras Rumah Warga Kota Probolinggo

Probolinggo,- Hawa panas yang keluar dari empat sudut lantai di teras rumah Nur Anta Maulana (39), warga Jalan Flamboyan, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo terkuak. Penyebab panasnya lantai tersebut karena aliran listrik Penerangan Jalan Umum (PJU) yang terpasang di samping rumahnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prastyo, jika BPBD bersama PLN melakukan pengecekan dan terkuak bahwa akibat lampu PJU yang terpasang di samping rumahnya.

“Dari hasil pengecekan, panas tersebut dari arus listrik PJU di samping rumah Anta,” ujar Sugito, Kamis (11/1/2024).

Terungkapnya penyebab hawa panas pada lantai teras berawal dari pemeriksaan petugas di mana hawa panas lebih terasa sejak pukul 18.00 WIB saat lampu PJU dinyalakan.

Tak hanya itu, sejumlah tembok juga dilaporkan teraliri listrik, hingga istri Anta sempat tersengat listrik saat memegang tembok pagar rumah usai mencuci baju.

Dari pemeriksaan bersama petugas PLN diketahui bahwa terdapat saluran PJU yang mengenai atap galvalum teras rumah Anta, yang menyebabkan empat sudut teras rumah terasa panas saat dipegang.

“Untuk tidakannya dilakukan pemutusan sambungan PJU. Panas diprediksi akan hilang setelah tiga hari,” imbuh Sugito.

Sementara, pemilik rumah, Nur Anta Maulana mengaku, senang sebab penyebab panas di teras rumahnya terungkap. Ia dan keluarganya tidak kawatir lagi.

“Saya bersyukur akhirnya sudah terungkap dari aliran listrik PJU, jadi saya dan keluarga bisa tenang,” ujarnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Atasi Kelangkaan Air Bersih, Polresta Probolinggo Lakukan Pipanisasi

Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …