RUSAK: Warga Desa Kalirejo, Basir, menunjukkan bagian atap rumahnya yang rusak akibat tersapu puting beliung. (foto: Moh. Rois)

Puting Beliung Sapu Dua Desa di Pasuruan, Puluhan Rumah Rusak

Pasuruan,- Kawasan Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, dan Kelurahan Gadingrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, disapu angin puting beliung, Kamis (11/1/24) petang. Akibatnya, puluhan rumah rusak parah.

Menurut Basir, Dusun Kesek, Kelurahan Kalirejo, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18.30 WIB ketika ia sedang salat maghrib. Rumahnya yang berada di bagian belakang rusak akibat angin kencang yang tiba-tiba menerjang.

“Saat itu saya salat maghrib, baru satu rakaat, angin kencang dan genteng saya jatuh menimpa saya,” ujar Basir.

Basir juga mengatakan bahwa anaknya, yang berada di belakang rumah saat kejadian, ikut tertimpa material genteng sehingga mengalami luka di bagian kepala.

“Tadi sempat dibawah ke puskesmas, lukanya ringan sehingga diperbolehkan pulang,” jelas Basir

Sementara itu, Anggota BPD Desa Kalirejo, Andik Santoso menyebut bahwa total ada puluhan rumah di Desa Kalirejo yang rusak akibat terdampak bencana ini. Selain itu, ada kandang ayam yang porak-poranda.

“Di wilayah Dusun Kesek saja, total ada 20 rumah yang mengalami kerusakan,” ungkap Andik.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Polsek Kraton, di Desa Kalirejo, kurang lebih ada 70 rumah warga rusak pada bagian atap rumah. Dusun Kisik sebanyak 45 rumah, Dusun Tawangsari sebanyak 10 rumah, Dusun Kertosari sebanyak 15 rumah.

Data sementara dari BPBD Kota Pasuruan, di Kelurahan Gadingrejo, total ada 22 rumah rusak. Dari 22 rumah itu, 12 diantaranya rusak berat termasuk satu rumah tertimpa pohon tumbang. (*)

 

 

Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Main di Rel, Santri di Purwosari Tertabrak KA

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …