SAMBUT TAHUN BARU: Kepadatan calon penumpang di Stasiun Klakah Lumajang menjelang libur pergantian tahun. (foto: Asmadi)

Libur Tahun Baru, Bus dan KA jadi Moda Tranportasi Favorit di Lumajang

Lumajang,- Menjelang hari libur tahun baru 2024, kebanyakan masyarakat Lumajang menggunakan transportasi Kereta Api (KA) dan Bus. Terbukti, sejak tanggal 25 sampai dengan 26 Desember 2023, jumlah penumpang di Terminal Minak Koncar mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lumajang, Nugraha Yudha Murdiarto mengatakan, relasi kedatangan dan keberangkatan Kereta Api tidak mengalami penambahan, tetap sejumlah 16 relasi.

“Kedatangan penumpang ada peningkatan di tanggal 24 Desember 2023. Sebelumnya sebanyak 261 orang, menjadi 307 orang, sedangkan untuk tanggal berikutnya normal,” kata Nugraha, Sabtu (30/12/23).

Untuk laporan, Terminal MPU Type C (Lumajang – Klakah – Pasirian – Pronojiwo) dalam masa libur tidak mengalami peningkatan mengingat penumpang dari kalangan siswa sekolah dalam musim libur.

“Tertinggi di Terminal MPU Lumajang dengan rata rata armada datang sebanyak 30 unit dengan jumlah penumpang rata-rata harian 80,” imbuh dia.

Nugraha menyampaikan, secara keseluruhan dalam situasi masa libur Nataru Tahap 1 dalam keadaan aman, lancar dan terkendali.

Dari pantauan petugas selama masa libur tahap pertama tingkat kedatangan dan keberangkatan bus mengalami peningkatan sejak hari pertama hari libur dari 175 unit menjadi 189 unit atau meningkat sebesar 7 persen.

Namun, dari sisi jumlah harian sebelum masa libur nataru ada penurunan, mengingat rata-rata harian armada bus di atas 190 unit.

“Untuk jumlah penumpang mengalami peningkatan sebesar 30 persen, dari rata-rata 350 orang menjadi 570 orang,” pungkasnya dia. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  BPBD Kota Probolinggo Bantu Cari ABK Tenggelam di Kalibuntu

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …