JELANG NATARU: Petugas UPT Metrologi Legal pada Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo saat melakukan pemeriksaan SPBU. (foto: Ali Ya'lu)

Jelang Nataru, Pemkab Probolinggo Periksa Alat Ukur SPBU

Probolinggo,- Unit Pelaksana Tugas (UPT) Metrologi Legal pada Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo kembali memeriksa sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU). Alat ukur sejumlah SPBU kembali diperiksa dalam momentum mendekati Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Untuk pemeriksaan rutin setiap tahun, semua SPBU sudah selesai semua, yang sekarang ini momentum saja, karena menjelang hari besar keagamaan (Natal, red.),” kata Kepala UPT Metrologi Legal, Diyah Setyo Rini, Selasa (19/12/23).

Rini menjelaskan, kepadatan arus lalu lintas dalam momentum nataru memang lebih tinggi dari hari-hari biasanya. Sehingga, pihaknya kembali melakukan pemeriksaan terhadap alat ukur yang digunakan oleh SPBU.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan para pengendara saat melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Semakin padat arus lalu lintas, tentu konsumsi BBM juga akan semakin naik,” ujar dia.

Rini juga menambahkan, pada pemeriksana kali ini, hanya dilakukan di SPBU-SPBU yang ada di sepanjang jalur Pantura Kabupaten Probolinggo, sebab tujuannya memnag untuk memberikan kenyamana bagi pengguna jalan yang hendak melakukan liburan Nataru.

“Pemeriksaan ini tidak dipungut biaya. Tapi jika ada alat ukur yang tidak sesuai, maka kami tera ulang kembali dan ada retribusinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo, Taupik Alami mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pengawasan terhadap ketaatan pelaku usaha, mulai dari taat ukur, taat timbang dan taat pengusaha.

“Kegiatan ini adalah kegiatan pengawasan insidentil atau temporary khusus menjelang Nataru,” cetus Taupik.(*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Juli, Dishub Uji Coba Dua Ruas Jalan di Kawasan Alun-alun

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …