DAPAT BERKAH: Omset pelaku UMKM meningkat pesat lantaran even Harjalu 2023. (foto: Asmadi)

Harjalu 2023 Meriah, Pelaku UMKM Sumringah

Lumajang,- Puncak acara Hari Jadi Lumajang (Harjalu) yang ke-768 sukses digelar. Bahkan, tidak hanya masyarakat yang merasa antusias, pedagang UMKM pun sumringah lantaran meraup untung berkali-kali lipat.

Erni salah satu pedagang sosis, menyampaikan kisah sukses dan kesenangan dari sisi pelaku UMKM yang sejak Jum’at (15/12/23) pagi, sudah meraup untung yang signifikan.

“Pendapatan kami melonjak signifikan, kalau hari-hari biasanya tuh juga bagus. Cuman kalau sekarang, pendapatan yang saya dapat sejak pagi tadi sudah sangat luar biasa,” kata Erni, saat dikonfirmasi di stand miliknya yang bertempat di Alun-alun Lumajang.

Erni menceritakan omset penjualannya saat ini mencapai 10 kali lipat dari hari-hari biasanya. Antusiasme masyarakat yang terpicu karena ada tumpengan hasil bumi Lumajang membuatnya harus menambah stok jualan untuk mengantisipasi lonjakan pembeli.

“Kalau hari-hari biasa, pendapatan saya hanya Rp200 ribu per harinya. La, kalau sekarang pendapatan sejak pagi tadi sudah 10 kali lipat, saya prediksi akan bertambah lagi,” katanya.

Erni menyampaikan, acara seperti ini sangat membantu meningkatkan pendapatan UMKM.

“Kami merasa diperhatikan oleh pimpinan kami, makanya kami ingin kondisinya seperti ini terus bahkan UMKM di Kabupaten Lumajang bisa lebih baik lagi,” tuturnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Lumajang Agus Triyono mengatakan, salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemkab Lumajang dalam memajukan UMKM adalah dengan menggelar banyak even saat Harjalu digelar.

“Ini adalah salah satu upaya untuk memaksimalkan, memasifkan, pengenalan UMKM Kabupaten Lumajang. Pada hari Minggu nanti, masing-masing ASN melalui kepala OPD akan diminta untuk berbelanja di stand-stand yang ada di wilayah Alun-alun Lumajang,” pungkasnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  BPBD Jatim Akan Turun Gunung Tangani Banjir Bandang Tiris

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …