Damkar Akan Diperkuat Relawan Pemadam Kebakaran 

Probolinggo – Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) selama ini berperan membantu petugas pemadam kebakaran (damkar) Pemkot Probolinggo. Dengan bertambahnya armada serta kejadian yang makin banyak, Redkar membuka kesempatan bagi warga yang ingin bergabung.

Saat ini, jumlah Redkar yang bergabung dengan Petugas Pemadam Kebakaran Kota Probolinggo berjumlah 16 personel. Dengan armada truk damkar yang bertambah, Redkar membutuhkan 30 personek. Dan sejak 20 Oktober kemarin telah dibuka pendaftaran bagi warga yang ingin bergabung dengan Redkar.

“Kami memfasilitasi Redkar yang selama ini membantu dan mem-backup petugas Damkar Kota Probolinggo. Bagi warga yang peduli dan ingin bergabung kami persilakan, namun tentunya akan kita cek kesiapannya,” ujar Kepala Dinas Satpol PP, Linmas, dan Damkar Kota Probolinggo, Aman Suryaman, Senin (24/10/2022).

Adapun persyaratan bagi warga yang ingin bergabung di antaranya, berdomisili di Kota Probolinggo, suka tantangan, hingga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Selain itu pendaftaran mulai dibuka 20 Oktober hingga 16 November.

Nantinya proses seleksi, selain melibatkan petugas Damkar, juga akan melibatkan personel Redkar. Setelah terpilih nantinya ke-14 Redkar baru akan menjalani pelatihan.

Selain itu, tugas Redkar sendirinya nantinya akan lebih ke supporting, mulai dari membuka jalur lalu lintas truk damkar, mengecek lokasi, hingga melaporkan kejadian yang ditangani.

“Saya berharap awal tahun 2023, 30 anggota Redkar sudah bergabung serta sudah siap. Kami berharap, anggota Redkar ini bisa menyesuaikan SOP-nya dengan petugas pemadam kebakaran, dan lebih care kepada kejadian yang terjadi,” imbuh Aman. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  MUI Imbau Warga Tak Berlebihan Rayakan Tahun Baru

Baca Juga

Aturan Baru, Makam Warga Tionghoa di Kota Probolinggo Bakal Dilengkapi Biopori

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo mengundang perwakilan etnis Tionghoa Kota Probolinggo untuk membahas konsep pemakaman yang …