APRESIASI: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni saat menerima penghargaan pada peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023 di Kab. Trenggalek. (foto: Asmadi).

Dinilai Ramah Disabilitas, Pemkab Lumajang Dapat Penghargaan

Lumajang,- Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni menghadiri acara Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) di GOR Gajah Putih Kabupaten Trenggalek, Minggu (3/12/2023).

Dalam acara tersebut, Pj. Bupati Lumajang menerima penghargaan tingkat Jawa Timur atas partisipasi dan dukungan pada rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional melalui kegiatan Lintas Batas Disabilitas Tahun 2023.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menyerahkan bantuan rumah layak huni di Kabupaten Lumajang sebanyak 6 (enam) unit rumah.

“Mudah-mudahan bantuan yang sudah diserahkan ini bisa bermanfaat bagi para penyandang disabilitas di Kabupaten Lumajang,” kata Yuyun, panggilan akrab Indah Wahyuni.

Sesuai dengan tema yang diangkat, ‘Aku, Kamu, Kita Setara’, Pj. Bupati Lumajang mengungkapkan, bahwa ia berkeinginan untuk menjadikan Kabupaten Lumajang sebagai kabupaten yang lebih ramah pada penyandang disabilitas.

“Sebenarnya, para penyandang disabilitas ini kita tetap harus bisa membantu mereka menjadi mandiri dan berdaya,” ujarnya.

Menurutnya, Kabupaten Lumajang telah memiliki beberapa regulasi, meski belum secara khusus yang berkaitan dengan penyandang disabilitas. Tetapi secara subtansial, Kabupaten Lumajang dalam regulasi yang sudah dimiliki telah mencantumkan secara khusus pemenuhan hak disabilitas.

“Ini kami nilai suatu indikator keberhasilan dan ditambah dengan implementasi yang secara riil,” ungkap dia.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023 yang digelar di Kabupaten Trenggalek juga diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk pameran hasil karya disabilitas yang diikuti 27 stand pameran, pelatihan inklusi, dan pertunjukan seni dari para difabel.

Dalam kesempatan itu, Pemprov Jatim juga mendapatkan penghargaan rekor MURI, sebagai pemrakarsa Mengaji Bahasa Isyarat Disabilitas Tuli Terbanyak dengan menghadirkan 250 peserta.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh perwakilan MURI, Ari Andriani kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono yang hadir mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (*)

Baca Juga  Polres Lumajang Panen Knalpot Brong, Langsung Dimusnahkan

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …