DITERTIBKAN: Satpol PP Kota Probolinggo saat menertibkan PKL penyebab kemacetan. (foto: Hafiz Rozani).

Penyebab Kemacetan, Satpol PP Tertibkan PKL di Belakang Eratex

Probolinggo,- Masih adanya sebagian pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Supriadi, Kelurahan – Kecamatan Kanigaran, tepatnya di jalan belakang pabrik Eratex membuat Satpol PP bersama Polsubsektor Kanigaran menggelar penertiban,; Jumat siang (1/12/23).

Kasi Operasi dan Pengendalian, Choirul Huda mengatakan, penertiban ini dilakukan setelah adanya laporan melalui call center 112, lantaranya kemacetan yang diakibatkan PKL dan karyawan yang pulang kerja.

Setibanya di lokasi, petugas gabungan kemudian melakukan penertiban. Para PKL yang berada di lokasi tersebut kemudian diberi pengertian agar tidak lagi berjulan di bahu jalan.

“Jadi DKUP sendiri telah memberikan lokasi untuk berjulan yakni disebelah selatan traffic light perempatan pilang, bahkan para PKL ini sempat berjualan di lokasi tersebut,” ujarnya.

Terkait PKL yang kembali berjualan di bahu jalan, Choirul mengungkapkan bahwa PKL yang sebelumnya direlokasi akan kembali lagi, karena faktor banyaknya pembeli.

Selain itu, PKL yang telah direlokasi dan mendapat tempat, pasti PKL tersebut akan membuka cabang.

Selain melakukan penertiban PKL, Satpol PP Kota Probolinggo pada Kamis kemarin (30/11/23) menggelar penertiban terhadap pengemis, pengamen, dan anak jalanan yang terdapat di traffic light Jl. Abdurrahman Wahid.

Dari penertiban yang juga bermula adanya laporan, Satpol PP mendapati anak kecil yang sedang mengemis, sedangkan dari kejauhan ibunya mengawasi.

“Dari penertiban tersebut, diketahui pengemis tersebut sudah berulang kali ditertibkan, bahkan sudah mendapat bantuan dari Dinsos.

Namun untuk pengemis tersebut, pihaknya selanjutnya berkoordinasi dengan PPA dan Dinsos untuk selanjutnya memberikan pembinaan kepada pengemis tersebut,” imbuh Choirul.

Satpol PP akan terus melakukan penertiban sesuai Perda Peraturan Daerah (Perda) nomer 6 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Ketentraman, dan Perlindungan Masyarakat Pengemis dan Anak Jalanan. (*)

Baca Juga  Kemenag Buka Lowongan PPIH, Cek Persyaratannya Disini!

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …