Menu

Mode Gelap
Kantor Baru Bawaslu Kota Probolinggo Segera Direnovasi dan Ditempati Mau Kuliah S-2 Pendidikan Agama Islam? di UNZAH Genggong Aja Jos! Jumlah Penduduk Miskin di Lumajang Turun Hingga 8,65 Persen Tak Anti Kritik, Gus Haris – Ra Fahmi Buka Dialog Forum Publik, Ribuan Jamaah Curhat Akar Rumput Desak DPP PDI-P Berikan Rekomendasi Pilkada Probolinggo ke Cakada yang Diterima Masyarakat Pecah Kongsi dengan Cak Thoriq di Pilkada Lumajang, Bunda Indah Beberkan Alasannya

Lingkungan · 7 Nov 2023 17:26 WIB

Masuk Musim Penghujan, Petugas Cek Sistem Peringatan Dini 5 Dam


					CEK: Kapolres Probolinggo Kota dan Kalaksa BPBD Kota Probolinggo mengecek EWS di dam. (Foto: Istimewa). Perbesar

CEK: Kapolres Probolinggo Kota dan Kalaksa BPBD Kota Probolinggo mengecek EWS di dam. (Foto: Istimewa).

Probolinggo,- Untuk mengantisipasi bencana alam, khususnya banjir memasuki musim penghujan, Polres Probolinggo Kota bersama BPBD setempat mengecek Early Warning System (EWS) di lima lokasi, Selasa (7/11/23).

Lima titik EWS atau sistem peringatan dini yang ditinjau terletak di Dam Kedunggaleng, Dam Kedung Kemiri – Kedungasem, Dam Sumber Kareng atau Dam Kelep, Dam Wringin – Kademangan, dan Dam Pilang II.

Selain melihat EWS, Kapolres juga mengecek CCTV yang terpasang untuk memantau kondisi di lima titik tersebut.

“Jadi kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan EWS guna mengetahui kecepatan mendeteksi volume hujan yang terpasang di DAM di lima titik,” ujar Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani.

Tak hanya mengecek EWS, Kapolres beserta jajaran juga melihat ruang Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana (PB). Dalam kunjungannya ke Pusdalops PB Kapolres juga menyarankan agar di beberapa titik EWS perlu dipasang petunjuk dan papan imbauan.

“Memasuki musim penghujan seluruh pihak harus melakukan antisipasi agar ketika Kota Probolinggo terjadi bencana, seluruh pihak selalu siap,” kata Kapolres Probolinggo Kota.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo mengapresiasi inisiasi Kapolres Probolinggo Kota terhadap mitigasi bencana lintas sektor.

Inisiasi ini akan dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak untuk persiapan penanggulangan. Termasuk langkah-langkah jika terjadi bencana di Kota Probolinggo.

“Sesuai arahan walikota, BPBD Kota Probolinggo diminta untuk segera mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penanganan kedaruratan bencana hidrometeorologi. Selain itu kami juga akan segera mungkin berkoordinasi dengan BMKG dan instansi terkait,” ujarnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kreatif! Cegah Banjir, Warga Kota Probolinggo Buat Biopori

18 Juli 2024 - 10:55 WIB

Fenomena Bediding Picu Gangguan Kesehatan, IDI Pasuruan Berikan Tips Pencegahan

17 Juli 2024 - 20:30 WIB

Mengapa Fenomena Embun Upas Terjadi di Bromo? Begini Penjelasannya

17 Juli 2024 - 17:44 WIB

Terjadi Fenomena Bedhidhing, Begini Kondisinya di Kota Probolinggo

16 Juli 2024 - 18:00 WIB

Bertemu Kelompok Tani dan Hutan, Gus Haris Beberkan Kekayaan Alam di Kabupaten Probolinggo

15 Juli 2024 - 15:31 WIB

Trending di Lingkungan