PEDULI: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni saat menyerahkan BLT DBHCHT Tahun 2023, bertempat di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kunir. (foto: Asmadi)

Entaskan Kemiskinan, Pemkab Lumajang Gelontorkan BLT DBHCHT di Kunir

Lumajang,- Untuk menekan angka kemiskinan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menyalurkam Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk ratusan warga di Kecamatan Kunir, Senin (6/11/2023).

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lumajang, Dewi Susiyanti menjelaskan, bahwa BLT DBHCHT merupakan salah satu program pembinaan lingkungan sosial dalam rangka pemulihan perekonomian di daerah.

Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa keadilan, meningkatkan daya beli masyarakat, mengurangi dampak inflasi dan kenaikan BBM, serta upaya pengentasan kemiskinan ekstrim.

Ia melanjutkan, penerima BLT dari DBHCHT merupakan warga yang bersentuhan langsung dengan pengolahan tembakau dan warga kategori miskin.

“Sasaran penerima manfaat ini untuk buruh tani tembakau, pekerja pabrik rokok dan masyarakat yang ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Penerima manfaat BLT DBHCHT kali ini di wilayah Kecamatan Kunir diserahkan sebanyak 667 penerima manfaat,” kata Dewi.

Sementara itu, Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni yang menyerahkan bantuan uang tunai secara simbolis berharap, bantuan sosial ini bisa dimanfaatkan oleh warga penerima manfaat sebaik mungkin.

“Semoga BLT DBHCHT membawa manfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Lumajang, khususnya di Kecamatan Kunir,” harap wanita yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur ini. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Ngeri! 139 Nyawa di Lumajang Melayang Akibat Kecelakaan Lalulintas

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …