Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni. (foto: Asmadi)

Pemkab Lumajang Kebut Penyusunan RAPBD 2024, Ditargetkan Rampung Akhir Bulan ini

Lumajang,- Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Lumajang Tahun Anggaran 2024 masih belum rampung. Dokumen final RAPBD ini, ditargetkan rampung akhir November 2023.

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni mengatakan, RAPBD Tahun 2024 akan menyesuaikan dengan arah kebijakan fiskal dan program prioritas nasional serta program dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Jadi bahwa program kita harus selaras dengan program nasional dan provinsi,” kata Indah saat dikonfirmasi, Kamis (2/11/2023).

Ia menyebut, penyusunan RAPBD tidak akan berpengaruh pada program pemerintah daerah yang telah ditetapkan. Hanya saja akan ada penyesuian program dan besaran anggaran yang dialokasikan.

“Nantinya dalam penyusunan APBD kita akan menggunakan skala prioritas dan tidak ada yang dihilangkan namun besarannya kita sesuaikan, kita lakukan evaluasi progam yang sudah berjalan, mana yang masih kurang nanti kita sesuaikan,” imbuhnya.

Jika berpedoman pada program prioritas nasional, APBD Kabupaten Lumajang Tahun 2024 mendatang akan fokus pada program pengentasan kemiskinan, kemiskinan ekstrim, penurunan stunting dan menjaga laju inflasi agar tetap terkendali.

Saat ini, dijelaskan wanita berhijab ini, penyusunan RAPBD masih berproses dan dalam pembahasan bersama Tim Banggar DPRD Kabupaten Lumajang. Ia berharap, RAPBD bisa segera rampung  dan disetujui dewan.

“Ini masih proses, masih on the track, semuanya masih berjalan baik, kalau dari penjelasan Pak Sekwan, Insya-Allah minggu depan kita lanjutkan pembahasannya,” pungkas dia. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Gunung Bromo Lontarkan Material Vulkanik, TNBTS: Tidak Perlu Panik

Baca Juga

Cegah Banjir, Pemkab Lumajang Gencarkan Normalisasi Sungai

Lumajang,- Untuk mempercepat penanganan korban banjir, Sungai Kali Asem di Kelurahan Rogoturunan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang mulai …