FOTO BERSAMA: PWI Persiapan Perwakilan Lumajang foto bersama PWI Jatim, Forkopimda dan undangan lainnya seusai dilantik. (foto: Asmadi)

PWI Lumajang Terbentuk, Bakal ‘Upgrade’ Wartawan dan Sukseskan Pemilu 2024

Lumajang,- Lama tanpa kepengurusan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Lumajang akhirnya terbentuk. Proses pelantikan dilakukan oleh PWI Jawa Timur di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Rabu (25/10/2023).

Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim mengatakan, pengurus PWI Perwakilan Lumajang sementara sifatnya masih persiapan sebelum dibentuk kepengurusan definitif. Hal ini terjadi karena sebelumnya tidak ada kepengurusan PWI di Lumajang.

Lebih jauh ia menyampaikan harapannya kepada pengurus PWI Persiapan Perwakilan Lumajang Periode 2023-2024. Yakni agar wartawan mampu menunjukkan kompetensi agar bisa bekerja secara profesional dan menjunjung kode etik jurnalistik.

“Wartawan itu harus berdedikasi, dan ada tahapan-tahapan yang perlu dijalani bagi setiap anggota PWI, salah satunya yaitu uji kompetensi, dan itu wajib dilakukan,” kata Lutfil.

Ketua PWI Persiapan Perwakilan Kabupaten Lumajang Mujibul Choir mengatakan, dalam waktu dekat ada tanggung jawab yang harus ditunaikan dengan baik oleh jurnalis di Lumajang, yakni mensukseskan pesta Demokrasi 2024.

“Salah satu langkah yang akan dilakukan oleh PWI Lumajang adalah memerangi isu-isu yang tidak benar atau hoax, agar masyarakat bisa membedakan antara berita yang benar dan hoax. Terakhir, kami akan meningkatkan profesionalitas wartawan di Lumajang, agar kedepan menjadi wartawan yang hebat dalam berkarya,” ungkapnya.

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni, mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus PWI Persiapan Perwakilan Kabupaten Lumajang. Ia mendoakan agar wartawan yang tergabung dalam organisasi profesi ini amanah dan lancar dalam menjalankan tugasnya.

“Momentum pelantikan PWI ini bisa dimanfaatkan untuk menjalin hubungan kolaborasi bersama antara pemerintah Kabupaten, DPRD Kabupaten Lumajang beserta pers tanpa mengesampingkan kritik. Dimana kritik disini adalah kritik konstruktif untuk membangun Kabupaten Lumajang yang kita cintai bersama,” kata Pj. Bupati Lumajang saat sambutan.

Baca Juga  Pemkab Probolinggo Berikan Rapid Test Gratis bagi Calon Mahasiswa

Wanita yang akrab disapa Yuyun, juga berpesan kepada pengurus PWI Persiapan Perwakilan Kabupaten Lumajang yang baru dilantik, agar senantiasa amanah dan membantu pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Lumajang yang lebih maju.

“Amanah itu pasti berat tanggung jawabnya. Ada dua sisi yang harus dipertanggungjawabkan khususnya ketua yang baru. Pertama memastikan bahwa anggotanya anggota PWI bisa profesional dalam mengemban tanggung jawab, kedua memastikan setiap apa yang di deliver oleh anggotanya ada hal bagus yang sesuai dengan fakta dan memang konstruktif untuk Kabupaten Lumajang,” jelasnya.

Selain Ketua PWI Jawa dan dan Pj. Bupati Lumajang, hadir dalam pelantikan tersebut unsur Forkopimda Kabupaten Lumajang, Ketua PWI Jember, Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang dan sejumlah undangan lainnya. (*)

Penulis Asmadi
Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …