Pedes Banget! Harga Cabai Rawit Tembus Rp80 Ribu/Kg

Pedes Banget! Harga Cabai Rawit Tembus Rp80 Ribu/Kg

Pasuruan,- Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kota Pasuruan mengalami kenaikan signifikan. Di Pasar Kebonagung misalnya, cabai rawit dijual Rp80 ribu per kilogram atau naik hingga 2 kali lipat dibandingkan harga sebelumnya.

Salah satu pedagang cabai, Prihatini (42) mengatakan, sepekan sebelumnya harga cabai masih berkisar antara Rp30-40 ribu per kilogram (kg). Tetapi hari ini, harga jualnya menjadi Rp80 ribu/kg.

“Cabai naik sudah, mulai empat hari ini,” ujar Prihatin saat ditemui di bedak jualannya, Rabu (25/10/2023).

Menurutnya, selain harga yang meroket, saat ini pasokan dari distributor juga berkurang. “Mungkin cabainya sedikit karena musim kemarau yang berkepanjangan,” ucap Supriyatin.

Kenaikan harga cabai ini tidak hanya mempengaruhi para pedagang, tetapi juga para pembeli. Meningkatnya harga cabai berdampak pada kenaikan biaya kebutuhan dapur.

“Sekarang beras mahal, cabai mahal, ditambah cabai ini mahal, otomatis biaya dapur bertambah,” keluh salah seorang pembeli, Heni Lestari (40).

Sementara itu, Kabid Perdagangan Disprindag Kota Pasuruan, Riski Pramita, mengatakan, penyebab utama kenaikan harga cabai rawit adalah musim kemarau yang belum berakhir.

Ia memprediksi, kenaikan harga cabai di Kota Pasuruan masih akan berlanjut hingga musim kemarau berakhir. Selama kemarau, tanaman cabai petani tidak produktif bahkan kering kerontang lantaran kekurangan pasokan air.

“Harga cabai rawit minggu ini naik tajam karena musim kemarau panjang, karena banyak petani mengalami gagal panen,” papar Riski. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Curi Motor di Purwodadi, Pria asal Surabaya Dikeler Polisi

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …