MERONA: Kebakaran hutan Gunung Arjuno dilihat dari belakang Puskesmas Prigen. (foto Moh. Rois).

Duh! Kebakaran Hutan Kembali Terjadi di Lereng Gunung Arjuno

Pasuruan,- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Arjuno, kembali terjadi. Titik api terpantau berada di wilayah Desa Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Pantauan PANTURA7.com, kepulan asap dan kobaran api berwarna merah menyala terlihat dari Kecamatan Pandaan, Minggu (22/10/2023) malam. Kebakaran semakin terlihat jelas ketika foto diambil dari belakang Puskesmas Prigen.

Kalaksa BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi membenarkan kebakaran kembali terjadi di lereng Gunung Arjuno. Menurutnya, titik api berada di Desa Ledug, Kecamatan Prigen.

“Benar, kawasan yang kebakaran masuk wilayah perhutani,” kata Sugeng.

Dijelaskan Sugeng, berdasarkan laporan dari pihak Tahura R Soerjo, kebakaran baru diketahui sekitar pukul 17.00 WIB. Luas lahan yang terbakar, belum diketahui pasti.

Saat ini, petugas dari perhutani serta relawan sudah diterjunka ke lokasi kebakaran. “Namun tidak menutup kemungkinan kebaran terjadi mulai kemarin Sabtu,” jelas Sugeng.

Sebelumnya, karhutla di kawasan Arjuno terjadi sejak pertengahan Agustus hingga awal September 2023. Kala itu, kebakaran melalap 4.796 hektare dengan mayoritas berada di wilayah Kabupaten Pasuruan seluas 2.724 hektare lahan. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Razia Miras-Bali, Polisi Kecele

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …